Dosen Poltek AUP Jakarta Pigoselpi Anas Jelaskan Manfaat Kincir Air untuk Tambak Udang

oleh -176 views
Dosen AUP ikut Ramaikan panen Udang
dokumen panen News

Panenews.com-, Dosen Poltek Akademi Usaha Perikanan Jakarta Dr. Ir. Pigoselpi Anas, M.Si, adalah dosen jurusan penyuluhan perikanan melakukan kunjungan ke Buleleng Bali bersama Ketua Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) Prof. Rokhmin Dahuri pada Minggu (4/4) di tambak milik PT Janitra Buleleng, Bali. Dalam kunjungannya Dosen yang sekaligus Istri dari Ketua MAI ini menjelaskan kegunaan kincir air pada tambak udang.

Dengan turun langsung melihat tambak Dr. Pigoselpi Anas menjelaskan kegunaan kincir air bagi keberlangsungan budidaya udang. Dalam pemaparannya ia menjelaskan saat intensitas matahari di siang hari itu tinggi maka kandungan oksigen di dalam air itu rendah dan untuk mengatasi hal ini maka tambak udang biasanya menggunakan kincir air untuk mensuplay oksigen di dalam air dan udang tetap hidup.

Baca Juga :   KKP Siapkan Dukungan Perikanan Budidaya Terhadap Potensi Peningkatan Ekonomi Daerah

“ini kita liat bahwa intensitas matahari pada siang hari tinggi sehingga kalau intensitas matahari tinggi, kandungan oksigen terlalu di dalam air itu rendah nah untuk mengatasi itu maka tambak udang itu biasanya menggunakan kincir seperti kalian lihat. Jadi ini untuk mensuplay oksigen karena pada saat intensitas matahari tinggi, kandungan oksigen larut itu rendah, supaya udangnya bisa hidup maka dibuatlah kincir. Dibuatlah kincir supaya oksigen didalam air itu tetap tinggi dan hidup”. Kata Dr. Pigoselpi kepada Panennews.

Baca Juga :   Gus Menteri Apresiasi Penanganan Sampah di Bali

Peternakan udang itu sendiri adalah merupakan ekosistem di perairan buatan maupun alam tertutup yang membutuhkan perlakuan teknis budidaya yang dapat merangsang proses fisika, kimia dan biologi untuk menyeimbangkan ekosistem perairan. Keseimbangan ekosistem kolam tambak diharapkan bisa menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi udang seperti pada ekosistem alami.

Salah satunya yang memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan kondisi perairan tambak (terutama pada budidaya udang skala intensif) seperti yang disebutkan di atas adalah kincir air. Pemahaman dasar yang berkaitan dengan peran dan fungsi kincir air pada operasi tambak udang sangat dibutuhkan, sehingga roda air bisa memainkan peran optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.