Menteri KKP Dorong Perguruan Tinggi Kembangkan Starup Perikanan

oleh -89 views
Menteri KKP RI saat RDP di Komisi 4 DPR RI
sumber: inews

Panennews.com, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mendorong dan mengajak perguruan tinggi Indonesia untuk berpartisipasi kembangkan teknologi dalam menunjang starup perikanan. Hal ini disampaikan oleh Menteri Trenggono saat bertemu dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Nizam di kantor KKP pada Rabu (17/03).

Dalam pertemuan ini Menteri Trenggono menyampaikan tiga program terobosan KKP hingga tahun 2024, salah satunya mengembangkan teknologi dibidang perikanan yang mampu mendongkrak produktivitas dan kualitas hasil perikanan di banyak negara termasuk di Indonesia.

Baca Juga :   Menteri Trenggono Optimis Sektor Perikanan Kolaka Meningkat

“Negara yang berhasil meanfaatkan teknologi budidaya yaitu Norwegia yang berhasil menjadi penghasil salmon terbesar di dunia, dan kalau kita berbicara budidaya perikanan khususnya teknologi, keilmuan tentu pusatnya berada di perguruan tinggi”. Kata Menteri Trenggono.

Selain itu, Menteri KKP ini juga menyampaikan bahwa sebenarnya Indonesia sebenarnya memiliki sejumlah komoditas perikanan yang berpotensi di pasar global seperti lobster, udang dan rumput laut, namun sebagian besar budidaya ini masih dengan cara konvensioanal dan berdampak pada kuantitas dan kualitas produk yang dihasilkan belum optimal.

Baca Juga :   Mengenal Ikan Betik yang Mulai Langka

“Teknologi dapat mendeteksi pergerakan kapal secara realtime termasuk jenis dan jumlah ikan yang ditangkap serta musibah yang ada dilaut segera bisa bisa diatasi, seperti yang sudah diterapkan di sistem penerbangan kita”.

Sementara itu Menteri Trenggono juga mengajak perguruan tinggi untuk bekerjasama dalam riset dan bersama-sama membangun ekosistem usaha di bidang perikanan dengan tujuan agar kedepan starup bidang perikanan bisa tumbuh dan berkembang. Saat ini starup sudah menjadi orientasi KKP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.