Hebat! Kini Kopi Lokal Bisa Tembus Pasar Eropa

oleh -47 views
Roasting Kopi
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Harumnya kopi nusantara kini tidak hanya dinikmati oleh bangsa Indonesia saja, melainkan sudah diekspor ke pasar Eropa, khususnya Jerman. Mengutip dari laman Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kamis (4/3), kopi kopi Boyolali, kopi Toraja, dan kopi Flores-Bajawa seberat 1.5 ton ke Jerman. Hal ini dilakukan oleh yang melepas ekspor kopi lokal tersebut secara simbolis.

Hasil ekspor perdana ini menurut Kemlu merupakan hasil kolaborasi dengan KJRI Hamburg. Adapun khusus kopi yang berasal dari Boyolali Jawa Tengah merupakan eskpor perdana ke pasar Eropa.

Baca Juga :   Potensi Besar Kopi NTB, Eksis Menuju Pasar Global

“Ditengah pandemi Covid-19 yang telah membawa efek buruk terhadap ekonomi, Kementerian Luar Negeri terus mendukung seluruh mitra kopi Indonesia untuk mengakses pasar-pasar baru” Kata Wamen Kemlu.

Kemlu mengharapkan bahwa kegiatan ini nantinya dapat membuka jalas yang lebih luas untuk memasarkan kopi yang berasal dari Indonesia ke Eropa dan dunia.

Melalui program Diplomasi Kopi yang telah dicetuskan oleh Kementerian Luar Negeri sejak tahun 2020, Kemlu dan Perwakilan RI akan terus membangun kolaborasi bersama penggiat kopi untuk Go Global dan menembus pasar kopi dunia. Diplomasi Kopi merupakan salah satu upaya Kemlu untuk memperkuat industri kopi nasional.

Baca Juga :   Ketahui Kandungan Gizi Bayam, Sayuran Hijau Sehat

Rangkaian kegiatan Diplomasi Kopi Kemlu diharapkan dapat memberikan kontribusi konkrit dan berkelanjutan dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional dan peningkatan kesejahteraan petani kopi Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.