Mengenal Kelapa Genjah Si Bibit Unggul

oleh -115 views
Kelapa Genjah
Foto : Dok. BUTTMKP

Panennews.com – Berbicara mengenai kelapa, pasti mayoritas langsung terpikir dengan tumbuhan dengan beribu manfaat. Sampai saat ini kelapa genjah masih menjadi sumber pendapatan andalan bagi para petani. Perlu dikethui bahwa kelapa memiliki dua jenis, yaitu kelapa genjah dan kelapa dalam.

Perbedaan dari dua jenis kelapa ini begitu mencolok. Di mana kelapa genjah memiliki masa usia panen lebih pendek yaitu sekitar 3 sampai 4 tahun. Dengan masa panen yang lebih cepat kelapa Genjah mampu menghasilkan buah sekitar 140 per tahunnya.

Baca Juga :   Presiden Dorong Petani Manfaatkan Sistem Teknologi Alsintan

Sebagai tumbuhan kelapa yang cukup mudah untuk dibudidayakan, kelapa genjah dapat ditanam di pekarangan rumah. Pilihlah bibit unggul di mana bisa diperoleh dari indukan kelapa genjah yang masih berumur 12 bulan.

Ciri kelapa genjah umur 12 bulan yang siap dijadikan bibit adalah buah berwarna coklat dan ketika Anda mencoba mengguncangnya maka akan terdengar bunyi nyaring. Sebelum ditanam Anda harus melakukan pendederan pada bibit terlebih dahulu.

Manfaat kelapa genjah untuk manusia ada begitu banyak. Karena sudah menjadi pengetahuan umum bahwa dari pohon hinggga buah memiliki beribu manfaat. Seperti akar kelapa yang bisa dijadikan obat diare dengan cara direbus lebih dulu.

Baca Juga :   Mentan SYL Lepas Ekspor 1000 Ton Kacang Hijau Ke Negara Cina

Kelapa genjah juga bisa diproses menjadi minyak nabati. Di mana minyak tersebut dapat dimanfaatkan untuk memasak ataupun skincare kecantikan. Seringpula digunakan pada bayi agar kulitnya lebih lembut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.