Jangan Remehkan, Serabut Kelapa Juga Bisa Tembus Ekspor

oleh -82 views
Cocopied
Dok. Kementan

Panennews.com – Limbah tak selama menjadi sebuah problematika yang tidak mendatangkan nilai ekonomis. Hal ini terbukti komoditas pertanian dari serabut kelapa halus (cocopied) dari Sulawesi Utara (Sulut) yang mampu memenuhi pasar Korea Selatan.

Dalam keterangan di laman Badan Karantina Pertanian, bahwa awal Februari kemarin tidak kurang dari 75 ton cocopead asal Sulut untuk pertama kalinya berangkat menuju Negeri Gingseng, Korea Selatan (Korsel).

“Kami mengapresiasi hadirnya ragam komoditas ekspor baru ini dan siap mengawal dengan memberikan fasilitasi perkarantinaan untuk proses ekspornya,” kata Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksydayan Saragih saat memberikan keterangan tertulisnya, Sabtu (6/2).

Baca Juga :   Sinergi Lintas Sektor, Tingkatkan Produksi Komoditas Pertanian

Selain itu menurut pemilik cocopied tersebut, bahwa komoditas ini di Negara Ginseng tersebut akan dijadikan media tanam. Hal ini seiring dengan banyaknya warga Korsel yang melakukan kegiatan menanam saat pandemi sekarang ini.

Berdasarkan data pada sistem perkarantinaan, IQFAST Badan Karantina Pertanian (Barantan) pada tahun 2020 tercatat ekspor cocopead asal Indonesia sebanyak 20 ribu ton, dengan tujuan negara Cina, Jepang, Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.