Burung Nuri, Burung Pintar Dengan Siklus Hidup Lama

oleh -548 views
Burung Nuri
Foto : Pixabay

Panennews.com – Burung nuri ialah salah satu burung yang sering menjadi incaran untuk dipelihara. Burung ini memiliki nama latin yaitu Eclectus Roratus. Banyak jenis burung ini yang tersebar ke seluruh pelosok dunia. Di Indonesia, burung ini banyak ditemukan di daerah timur negeri.

Hutan tropis merupakan habitat asli dari burung ini. Yaitu pohon yang memiliki diameter panjang dan tumbuh tinggi. Agar tidak keliru, berikut cara mudah melihat ciri-ciri burung ini. Pertama, punya paruh bengkok karena termasuk hewan granivora.

Baca Juga :   Ketahui Jenis Burung Jalak, Dari Ciri Hingga Harga Pasarannya

Kedua, kicauannya merdu. Ketiga, pintar. Saking pintarnya, kadang juga bisa melafalkan ucapan manusia. Ketiga, memiliki bulu yang warna-warni namun apik secara proporsi. Warna yang sering dijumpai adalah dominan merah dan pelangi.

Keempat, ukuran tubuhnya termasuk kecil. Uniknya, hewan ini mampu memiliki masa hidup seperti manusia yaitu enam puluh sampai tujuh puluh tahun. Juga, kecerdasannya yang mirip burung beo.

Di Indonesia, nuri yang dilindungi adalah nuri kepala hitam. Burung ini merupakan asli temuan dari Ambon, Papua, dan Ternate. Karena keunikan warna hitam di kepalanya, membuat hewan ini banyak diburu.

Baca Juga :   Memelihara Burung Kicau, Ternyata Ini Dia Manfaatnya

Jika ingin mencoba memelihara burung nuri, pastikan untuk selalu membersihkan kandang agar burung tidak penyakitan, beri makan biji-bijian atau sayuran, beri minum air putih, atau susu, serta mandikan dengan cara disemprot. Jika perlu, suntik dengan pereda stress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.