Ayam Broiler, Ras Ayam Raksasa Dengan Produktivitas Daging Tinggi

oleh -344 views
Ayam
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ayam broiler adalah varietas ayam dari persilangan hewan yang memiliki tingkat produktivitas daging yang tinggi. Jenis varietas ini didapat dari proses pemeliharaan yang tinggi seperti pemberian pakan kualitas super, kandang yang bagus, dan pemerhatian kesehatan.

Kelebihan dari ayam ini ialah proses pertumbuhan yang cepat, bisa disembelih ketika masih muda, daging ayam lunak, dan jumlah pakan sedikit. Rata-rata di peternakan, ayam ini hanya dibiarkan hidup sampai berusia enam minggu.

Di Indonesia, jenis ayam yang banyak dipelihara adalah cobb, hybro, dan ross. Untuk cobb, ayam ini mudah beradaptasi di iklim tropis. Untuk hybro, punya metabolisme yang bagus dan digunakan untuk dibiakkan. Untuk ross, berwarna kuning dan punya metabolisme yang bagus.

Baca Juga :   Begini Kiat Beternak Ayam Hias Dari Ketua Komunitas Tangerang

Ayam ini sering dikenal dengan sebutan ayam potong. Yaitu ayam memiliki daging yang lembut dan biasanya dijual di pasar.

Cara untuk bisa membedakan ayam ini adalah dengan melihat ukurannya yang padat, besar, rasa dagingnya gurih dan berwarna cerah, memiliki bulu lebat dan mengkilap, berjalan lambat, tidak banyak memproduksi telur, dan lambat dalam pertumbuhan alat reproduksi.

Cara membedakan antara jenis kelamin betina dan jantan pada ayam broiler bisa dengan melihat kelaminnya, melihat bulunya, dan menarik lehernya. Bulu ayam yang panjang hanya dimiliki ayam betina. Juga, hanya ayam betina yang melawan ketika lehernya ditarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.