Ternyata Beda, Kenali Perbedaan Gula Jawa dan Aren

oleh -142 views
Gula Aren
Foto : Freepik

Panennews.com – Gula adalah salah satu golongan karbohidrat yang rasanya manis dan biasanya dicampurkan pada makanan atau minuman. Gula jawa dan gula aren adalah gula yang secara fisik memiliki kemiripan, dan beberapa orang terkadang masih belum paham terhadap perbedaan gula jawa dan aren tersebut.

Cara pembuatan dari kedua gula ini memang sama, yakni melalui proses pengentalan dengan cara dipanaskan setelah itu melalui proses karamelisasi dan pencetakan, namun keduanya sebenarnya berbeda. Istilah serupa tapi tak sama adalah istilah yang cocok untuk mewakili keduanya.

Baca Juga :   Manfaat Paprika Ampuh Dalam Menangkal Penyakit Berbahaya

Bahan dasar pembuatan dari gula jawa dan gula aren ini berbeda, gula jawa terbuat dari nira pohon kelapa sedangkan gula aren terbuat dari nira pohon aren. Secara warna dan tekstur keduanya juga berbeda, gula jawa memiliki warna coklat lebih kemerahan dan teksturnya lebih keras sementara gula aren berwarna coklat gelap dengan tekstur yang repas.

Karena warnanya yang lebih mengarah pada warna merah, gula jawa juga disebut dengan istilah gula merah. Gula jawa memiliki aroma yang lebih kalem sehingga gula jawa banyak digunakan pada makanan karena aromanya tidak akan mengganggu aroma asli dari makanan tersebut.

Baca Juga :   Gula Merah Sulut Makin Tren Untuk Pasar Domestik dan Ekspor

Sementara gula aren memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat sehingga gula ini banyak digunakan pada minuman, perpaduan melelehnya gula aren dengan santan ataupun susu juga membuat sensasi minuman lebih terkesan menarik dan legit. Jadi beberapa hal tersebutlah yang menjadi perbedaan gula jawa dan aren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.