Teknik Tanaman Sela Pada Sistem Pertanian

oleh -8 views
Tanaman Sela Pertanian
Foto : Unsplash

Panennews.com – Tanaman sela ialah suatu teknik dalam budidaya pertanian yang menggunakan cara menanam tanaman lain di antara tanaman pokok. Tanaman sela pada pertanian sering dipakai agar hasil panen menjadi bertambah sembari menunggu tanaman pokok siap dituai.

Tanaman sela memiliki fungsi sebagai pengurang erosi lahan, pengendali hama, pencegah penyakit, penambah unsur hara, dan penghasilan tambahan. Teknik budidaya ini juga memiliki nama lain tumpang sari.

Teknik budidaya ini amat dibutuhkan bagi petani dengan masa panen jangka panjang agar dapat meningkatkan produktivitas lahan. Di antara jenis tanaman yang bisa diterapkan teknik budidaya ini yakni tumbuhan berkeping dua dan tumbuhan berkeping satu.

Baca Juga :   Sektor Pertanian Menjanjikan Bagi Kaum Milenial

Untuk tumbuhan berkeping dua, budidaya tanaman sela dapat diterapkan pada pohon karet dan sebagainya. Untuk tumbuhan berkeping satu, budidaya tanaman sela dapat diterapkan pada tanaman jagung dan sebagainya.

Selama menggunakan cara ini, jangan lupa untuk juga menggunakan pupuk agar hasil panen semakin bagus. Jarak antar tanaman juga harus diperhatikan. Jarak terbaik menurut riset adalah 1×3 meter agar pertumbuhan generatif dan pertumbuhan generatif tanaman pokok bisa baik.

Perlu diperhatikan, pemberian tanaman sela harus disesuaikan. Bila tidak, tanaman pokok akan menganggap tanaman selainnya sebagai kompetitor dan hasil panen salah satunya akan buruk. Contohnya, jika menanam kelapa sawit maka tanaman sela pada pertanian yang dipakai gaharu.

Komentar