Permakultur Pertanian, Metode Pertanian Berkelanjutan

oleh -78 views
Pertanian sistem Hidroponik Sinatria Farm
Foto : Dok. Istimewa

Panennews.com – Permakultur Pertanian merupakan konsep pertanian yang menitik beratkan pada prinsip keberlanjutan dan keseimbangan alami. Metode ini juga berfokus pada perencanaan dan desain pertanian hingga penerapannya. Harapannya, lahan yang digunakan dapat berlangsung sepanjang masa.

Konsep pertanian ini berawal dari hubungan saling menguntungkan antara tanaman pertanian dan perkebunan yang dijadikan satu. Dari hubungan itu petani mengharapkan lahan tersebut dapat menjadi lebih efektif dan produktif.

Konsep inipun dikembangkan dengan lebih lanjut. Ada metode yang memanfaatkan tumbuhan semak dengan tanaman yang digunakan untuk pertanian ataupun memanfaatkan hewan ternak sebagai salah satu media untuk menyuburkan tanah dan menghabiskan limbah.

Baca Juga :   CSR Pertamina Hulu Mahakam Adopsi Model Pekarangan Pangan Lestari

Konsep dari permakultur ini juga mengatur seberapa banyak sumber daya pertanian maupun perkebunan yang dapat kita ambil, panen atau nikmati. Hal ini didasari dari efisiensi keseimbangan dari lahan tersebut sehingga lahan dapat digunakan kembali di hari atau bulan berikutnya.

Kini permakulturpun telah memiliki jaringan sosial yang membantu masyarakat awam memahami manfaatnya. Permakultur akan memberikan berbagai macam manfaat yang dapat dirasakan secara langsung seperti hasil panen, ataupun tidak langsung seperti semangat gotong royong.

Permakultur Pertanian membuat jumlah lahan tidak lagi menjadi halangan dan rintangan bagi insan yang ingin memulai pertanian dan perkebunan secara mandiri. Anda dapat mencoba metode dengan teknik vertical garden, hydrophonic, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.