Mudah Banget, Begini Cara Menanam Lengkeng Pada Media Pot

oleh -72 views
Ilustrasi Buah Kelengkeng Foto pinterest
Ilustrasi Buah Kelengkeng - Foto : Pinterest

Panennews.com – Ingin menanam kelengkeng namun tidak punya banyak lahan, Anda bisa menanam lengkeng pada media pot. Pilih pot yang berukuran besar agar akar tanaman bisa tumbuh menjalar lebih leluasa. Untuk menghemat waktu, beli bibit yang kecil atau yang agak besar.

Media tanam yang dipakai yaitu sekam, pupuk organik, pasir, dan tanah dengan perbandingan 1:2:1:1. Untuk alas pot, dapat menggunakan styrofoam atau genting agar media tanam yang basah tidak berceceran. Siram setiap hari di pagi dan sore hari agar tanaman kelengkeng tidak layu.

Baca Juga :   Apa itu Tanaman Transgenik Dan Bagaimanakah Tanaman ini Dibuat?

Hindari untuk menyiram tanaman di siang hari karena akan membuat tanaman menjadi cepat mati. Hal ini dikarenakan ketika siang hari, panas yang terik membuat proses penguapan menjadi lebih cepat.

Saat tanaman mulai membesar, gemburkan tanah untuk memberi kebebasan akar dalam bergerak. Jika gulma cukup lebat, cabut gulma yang besar dan tinggi serta sisakan yang masih berukuran mungil untuk hidup.

Adapun saat memanen, lakukan ketika pagi atau sore hari. Penting untuk diingat, proses memanen hanya bisa dilakukan sekali untuk setiap pohon. Ciri-cirinya yaitu warna coklat tua pada kulit buah, dan berumur empat hingga enam bulan setelah muncul bunga.

Baca Juga :   Mengenal Hidroton, Media Tanam dari Lempung

Buah kelengkeng manis segar yang baru dipetik pun akan membuat hati Anda bahagia. Bagaimana, mudah sekali bukan memanam buah kelengkeng pada media pot ?.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.