Ketahui Sistem Tanam Padi Jajar Legowo

oleh -23 views
Sawah
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Si Jarwo atau sistem tanam padi jajar legowo merupakan inovasi metode bercocok tanam yang kini tengah diminati banyak petani. Sistem pertanian dengan metode selang seling ini memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan sistem pertanian lainnya. Kata legowo sendiri diambil dari bahasa jawa yakni lego dan dowo. Dimana lego artinya luas, sedangkan dowo berarti panjang.

Cara kerja sistem tanam padi ini memang cukup unik karena setiap dua atau tiga baris tanaman akan diselingi dengan satu baris yang kosong. Jadi, jarak tanaman padi terlihat lebih longgar. Hal ini dimaksudkan agar pertumbuhan padi menjadi lebih bagus karena rumpun tanaman padi akan jauh lebih banyak, dengan demikian hasil panen pun akan meningkat.

Baca Juga :   Mentan SYL Serahkan Bantuan Pertanian Senilai 35,7 Miliyar di Kabupaten Wajo

Dengan jarak yang lebih longgar akan membuat pertumbuhan tanaman padi jauh lebih bagus. Hal ini dikarenakan tidak ada persaingan yang ketat dalam memperoleh sinar matahari. Jarak tanam yang terlalu rapat akan membuat penerimaan matahari terlalu sedikit sehingga pertumbuhan padi lambat.

Selain itu, masih ada banyak keuntungan yang diperoleh dengan sistem Si Jarwo. Petani akan lebih mudah dalam merawat padi seperti saat pemupukan, pembersihan rumput liar, pengendalian hama dan perawatan lainnya.

Hasil panen akan lebih meningkat karena padi di bagian pinggir akan memproduksi lebih banyak hasil padi. Selain itu, sistem tanam Padi Jajar legowo juga dapat diterapkan bersama sistem Mina Padi yakni sistem tanam padi serta ikan sekaligus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.