3 fokus Kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di 2021

oleh -226 views
Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan refleksi kinerja Kementerian LHK selama tahun 2020, dan persiapan langkah sektor LHK tahun 2021, Rabu (30/12/2020). Foto/sindonews
sumber sindonews

Panennews.com – Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Dr. Siti Nurbaya Bakar menyampaikan 3 fokus utama kementerian yang di pimpinnya pada tahun 2021 dalam sebuah acara Refleksi Akhir Tahun di Jakarta, Rabu (30/12/2020). dalam acara ini yang di hadiri oleh pegawai kementerian Siti Nurbaya Bakar menyampaikan kinerja di tahun 2020 dengan capaian capaian program program kementerian yang di pimpin nya mengusung tema ,  2020: The State of Indonesia’s Forest (SOIFO) 2020, Hints (Pokok-pokok) dan Seek (Harapan) acara yang berlangsung  (luring dan daring) ini dimanfaatkan oleh Menteri Siti untuk menjelaskan bahwa tahun 2020 adalah momen untuk pemantapan nilai-nilai dan prinsip-prinsip kerja Kementerian LHK dengan pemantapan sasaran nasional, serta pemulihan ekonomi Pandemic yang terjadi .

beliau mengatakan bahwa “Pandemi Covid-19 telah menjadi pelajaran Berharga dan ruang bagi kita untuk berkontemplasi, yang  semakin memberikan Arti dan menegaskan keseimbangan ekonomi-ekologi-sosial untuk pembangunan nasional. maka oleh sebab itu  Saya tegaskan Bahwa pemulihan lingkungan melekat dengan langkah pembangunan ekonomi,” tegas Menteri Siti di acara yang dihadiri 1.000 peserta tersebut .

Baca Juga :   Lahan Kering di Lombok Utara Butuh Intervensi Anggaran

menyambut 2021 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memiliki 3 target fokus kerja yang di sampaikan oleh Menteri Siti  ada tiga fokus kerja tersebut harus terimplementasikan dengan baik berikut adalah tiga Fokus utama Kementerian LHK pada 2021.
Pertama, pemantapan Perhutanan Sosial sebagai basis pembangunan ekonomi rakyat. Bobot kegiatannya yaitu pemberian akses lahan, kesempatan usaha dan fasilitasi yang terintegrasi.
Kedua, pemulihan lingkungan secara sistematis, masif, meluas, dan melembaga. Upaya ini meliputi pemulihan gambut dan mangrove, serta rehabilitasi hutan dengan kerja bersama secara besar-besaran, ekspansif, substansial dengan muatan kerja rehabilitasi berupa pembibitan, penanaman dan pemeliharaan.
Ketiga, penyederhanaan bagian elemen masyarakat untuk berusaha menjadi produktif, dengan pengawasan standard, dan law enforcement, dengan satu tujuan yaitu lingkungan yang sustainable,” ungkap Dr Siti Nurbaya Bakar .

Baca Juga :   Ajan Kelicung, Fauna Khas NTB yang Mulai Jarang

di kesempatan tersebut Dr. Siti Nurbaya Bakar selaku Menteri KLHK menyampaikan “Besar harapan kita semua agar tahun 2021 dan tahun-tahun seterusnya, kita dan KLHK selalu dapat mencatatkan kemajuan dan pencapaian yang lebih baik demi kemaslahatan rakyat  Indonesia dan yang lebih pentingnya kehidupan di planet bumi yg lebih berkelanjutan,” lanjutnya.

Selain Siti Nurbaya Bakar pada sesi akhir kegiatan, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan  Alue Dohong menyampaikan rasa sykur dan apresiasi yang sangat besar kepada seluruh jajaran KLHK terkhusus seluruh Jajaran Eselon I yang mana atas kinerja dan pencapaian di tahun ini meskipun Covid-19 melanda. namun program kerja tetap terlaksana dengan baik baginya , keberhasilan tersebut tidak lepas dari faktor regulasi dan kebijakan Kementerian LHK yang menjadi landasan dasar yangkuat dan solidaritas yang tinggi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.