Jangan Sepelekan, Banyak Banget Lho Nutrisi Pada Tempe

oleh -11 views
Tempe
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kalau berbicara tentang makanan khas di Indonesia, tempe adalah salah satu yang sangat menarik untuk dipertimbangkan. Pasalnya, makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai ini meskipun terlihat sangat sederhana tapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lalu sebenarnya apa saja manfaat tempe untuk kesehatan?

Tempe adalah sumber protein yang sangat baik, kandungan protein di dalam makanan tersebut mengalahkan kandungan protein yang ada di dalam daging sapi. Sehingga, tempe menjadi pilihan untuk para vegetarian dalam mencukupi kebutuhan protein tubuhnya.

Baca Juga :   Jangan Remehkan, Daun Jambu Biji Banyak Khasiatnya

Selain kaya protein, tempe juga sumber kalsium yang baik sehingga tempe sangat tepat jika dijadikan sebagai pengganti susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Selain harganya yang sangat merakyat, kalsium dalam tempe juga terhitung sangat tinggi.

Dalam hal lain tempe juga bisa menggantikan susu sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Salah satu kandungan isoflavon yang ada di dalam tempe terbukti dapat mencegah terjadinya reaksi oksidasi dan dapat meningkatkan status antioksidan di dalam tubuh.

Selain mengandung isoflavon, tempe juga mengandung serat, sehingga makanan berbahan kedelai ini mampu mengontrol kestabilan gula darah dan memperbaiki resistensi insulin dalam tubuh. Hal ini menjadikan tempe adalah salah satu makanan yang sangat aman untuk mencegah terjadinya diabetes.

Baca Juga :   Menteri Pertanian Ungkap Masalah Pertanian Saat Ini

Tempe juga makanan yang memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga makanan satu ini juga sangat direkomendasikan sebagai salah satu menu hidangan untuk diet. Kandungan lainnya seperti vitamin B kompleks, fosfor dan thiamin juga ikut berperan baik untuk menunjang manfaat tempe untuk kesehatan tubuh.

Komentar

No More Posts Available.

No more pages to load.