Begini Cara Membuat Vertikultur di Pekarangan Rumah yang Mudah

oleh -540 views
Ilustrasi Tanaman Sistem Hidroponik
Ilustrasi Tanaman Sistem Hidroponik - Foto : pixabay/marsrow

Panennews.com – Jika Anda pecinta berkebun namun tidak memiliki lahan yang luas, Anda bisa mencoba membuat vertikultur di pekarangan rumah. Yaitu menanam dengan cara diletakkan menurun ke bawah atau mendatar ke kanan atau dengan digantung.

Menanam menggunakan cara ini, selain menghemat tempat juga menambah ragam variasi tanaman yang bisa ditanam. Umumnya, tanaman yang digunakan dengan cara ini merupakan tanaman hidroponik seperti sayuran, buah-buahan, atau biofarmaka.

Media yang dipakai bisa dari pipa paralon maupun bambu yang mudah didapat. Jika ingin mencari media lain, cari yang kuat dan mudah untuk dipindahkan. Budidaya ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu vertikultur vertikal, vertikultur horizontal, dan vertikultur gantung.

Baca Juga :   Liar Tapi Penuh Khasiat, Yuk Lebih Mengenal Tanaman Jali

Untuk vertikal, seringnya menggunakan penopang seperti gelas air mineral. Untuk horizontal, biasanya sering dijumpai disusun bertingkat. Untuk gantung, biasanya digantung menggunakan kawat dan dipasang pada bagian atap rumah.

Sangat direkomendasikan untuk membuat vertikultur vertikal dari pipa paralon karena media ini lazim dijumpai. Caranya, potong pipa sepanjang satu meter lalu lubangi dengan jarak 20-25 sentimeter. Buat selang-seling agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Terserah Anda ingin bawah vertikultur dicor menggunakan semen atau langsung ditancapkan dalam pot asalkan pipa paralon berdiri kokoh. Jika lahan yang dimiliki cukup besar, Anda bisa membuat vertikultur di pekarangan rumah dengan dua jenis, vertikal dan horizontal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.