34.356 Unit Alsintan Disiapkan untuk Mendukung Pertanian Tahun 2021

oleh -182 views
Traktor Garu Sisir
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kementerian Pertanian, melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), bakal menggenjot produktivitas pertanian di tahun 2021. Untuk mendukung hal tersebut, sebanyak 34.356 unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) disiapkan.

34.356 unit alsintan yang disiapkan untuk mendukung pertanian tersebut terdiri dari Cultivator sebanyak 3.000 unit, Hand Sprayer 17.800 unit, Pompa Air 7.000 unit, Rice Transplanter 360 unit, Traktor Roda Dua 5.596 unit, Traktor Roda Empat 600 unit.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan alsintan memiliki peran penting dalam penyediaan pangan untuk mendukung ketahanan pangan.

Baca Juga :   Mentan Syahrul Pastikan Kebutuhan Bahan Pokok Nataru Aman dan Terkendali

“Penyediaan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia adalah hal yang penting. Dan hal tersebut menjadi bagian dari ketahanan pangan. Dengan alsintan, kita ingin memastikan penyediaan pangan tidak terkendala. KIta juga berharap petani bisa memaksimalkan peran alsintan untuk mendukung pertanian yang maju, mandiri, dan modern,” katanya, Minggu (3/1/2021).

Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy menyampaikan harapan serupa.

“Alsintan adalah bentuk bantuan dari Pemerintah. Bantuan alsintan ini merupakan stimulan yang ditujukan bagi kelompok tani agar dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan kapasitas kerjanya,” tuturnya.

Baca Juga :   Kementan Tegaskan Stok Pupuk Subsidi Sesuai Permintaan

Sarwo Edhy menjelaskan, bantuan alsintan ini akan diberikan ke daerah-daerah sentra tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan.

“Bantuan alsintan tahun anggaran 2021 ini sudah termasuk untuk mendukung program food estate,” terangnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.