Sorgum Diprediksi Menjadi Tanaman Pangan Masa Depan

oleh -659 views
Sorgum
Dok. Kementan

Panennews.com – Sorgum atau yang lebih dikenal dengan jagung rote merupakan tanaman khas Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sudah dari dahulu sorgum dijadikan makanan pokok oleh masyarakat setempat. Selain sebagai alternatif pengganti padi dan jagung, sorgum juga ternyata memiliki banyak keistimewaan.

Hal tersebut disoroti oleh Sekjen Komunitas Mari Sejahterakan Petani (MSP), Ir. Mangontang Simanjuntak yang menjelaskan bahwa sorgum diprediksi akan menjadi alternatif pangan masa depan. Menurutnya tingkat adaptif yang baik pada sebuah lahan yang tandus dan kurang air membuat sorgum dapat diimplimentasikan dengan mudah.

“Sorgum sangat mudah tumbuh dan tidak perlu banyak air. Inilah salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan baik pada musim kemarau” Jelasnya saat ditemui Panen News di perkebunan jagung miliknya di Desa Sukajadi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Minggu (29/11/2020)

Baca Juga :   Pojok Pasar BPOM Untuk Menjaga Keamanan Bahan Pangan Masyarakat

Selain itu, lanjut Mangontang, tanaman sorgum juga tidak banyak membutuhkan penyinaran matahari, bahkan lebih sedikit kebutuhan penyinaran matahari jika dibandingkan padi dan jagung.

Menurutnya, tanaman ini bisa tumbuh dilahan-lahan kering seperti lahan bekas tambang atau lahan yang notabene tidak memungkinkan untuk ditamani padi atau jagung.

“Ini tanaman tipe C4 yang tidak begitu membutuhkan banyak air selama siklus hidupnya dan kebutuhan penyinaran matahari juga minim” Terangnya.

Mangontang juga menjelaskan bahwa kandungan sorgum masih memenuhi syarat sebagai tanaman pangan utama. Untuk itu, sorgum cukup tepat untuk menjadi salah satu tanaman subsitusi yang lebih murah untuk solusi permasalahan pangan di Indonesia.

Baca Juga :   Di Tengah Covid-19, Petani Melati Di Tegal Tetap Panen Setiap Hari

“Faktanya pangan kita dari tahun ke tahun mengalami masalah, artinya harus ada alternatif pangan yang lainnya. Kita bicara bukan soal padi dan jagung, tetapi tentang pangan untuk pemenuhan kebutuhan jutaan masyarakat indonesia. Jadi, nantinya tidak ada yang saling mengganggu tetapi saling melengkapi ” Jelasnya.

Selain itu, Mangontang menambahkan bahwa batang tanaman sorgum juga dapat dijadikan makanan ternak pasca panen. Batang sorgum menurutnya masih mempunyai kadar manis dan tidak mudah kering, sehingga cukup baik untuk pakan ternak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.