Mengenal Berbagai Penyakit Pada Tanaman Terong

oleh -392 views
Terong
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Serangan penyakit pada berbagai tanaman tentu akan berdampak pada berbagai aspek. Salah satunya tingkat pertumbuhan maupun produktivitas tanaman itu sendiri.

Tak terkecuali jika menanam sayuran terong. Ada banyak ragam jenis terong diantaranya terong Ungu, Belanda, Hijau, maupun Lalap dan terong Putih. Dari sekian banyaknya varietas terong yang ada, biasanya terjadi berbagai penyakit yang ada pada tanaman tersebut.

Mengutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian, ada berbagai jenis penyakit pada tanaman ini. Salah satunya yaitu penyakit Bercak Daun. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Cercospora sp. dengan ciri-ciri pada tanaman terong akan mengalami bercak coklat kehitaman. Untuk pengendaliannya yaitu dengan memilih benih yang berkualitas maupun dengan penyemprotan fungisida.

Baca Juga :   Nurseri Modern Di Cianjur, Tanam Komoditas Kelapa Hingga Kopi

Untuk penyakit lainnya yaitu Busuk Buah. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Phytophtora sp. Ciri-ciri yang menonjol yaitu buah terong mengalami bercak berwarna coklat kehitaman. Untuk mengendalikan penyakit ini salah satu caranya yiatu dengan memetik buah yang busuk tersebut agar tidak menyebar ke buah lainnya.

Penyakit lainnya yang terjadi pada tanaman terong yaitu Antraknosa yang disebabkan oleh cendawan Gloesporium. Daun yang terserang pernyakit ini akan mengalami keriting, bercak, maupun menggulung. Adapun untuk mengendalikannya yaitu dengan cara penjarangan tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.