NTB Ekspor 605 kg Vanilli ke Amerika Serikat

oleh -16 views
Pelepasan Ekspor 605kg Vanili ke Amerika Serikat
Pelepasan Ekspor 605kg Vanili ke Amerika Serikat (16/11/2020) - Foto : Dok. Disdag NTB

Panennews.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama dengan Balai Karantina Pertanian Kelas I Mataram melepas ekspor vanili kering ke Amerika Serikat, Senin (16/11/2020). Ekspor komoditas perkebunan ini merupakan kali kedua setelah pada bulan September lalu, Provinsi NTB juga melakukan ekspor vanili sebanyak 765 kilogram.

Bertempat di Balai Karantina Pertanian Kelas I Mataram, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB menyerahkan secara simbolis Surat Keterangan Asal (SKA) kepada Bapak Muhir, pemilik CV. Rempah Organik Lombok, sebelum melepas ekspor  605 kg Vanilli ke Amerika Serikat,

Dalam sambutannya, Fathur sapaan akrab Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB menyatakan bahwa NTB mempunyai potensi untuk mengembangkan komoditas khususnya di sektor pertanian.

“Dengan adanya ekspor vanili kering pada hari ini, menunjukkan bahwa kita di NTB sangat mempunyai potensi terutama dari komoditas pertanian secara luas” ungkapnya seperti yang dilansir dari laman Dinas Perdagangan Provinsi NTB.

Berdasarkan penerbitan SKA sampai saat ini telah lebih dari USD 6 juta ekspor non tambang NTB baik sektor pertanian, perkebunan, perikanan, maupun kerajinan, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19,

“ini merupakan bukti dari keseriusan Pemerintah Daerah untuk bersinergi dengan semua pihak, memfasilitasi semua pelaku usaha tujuan ekspor” jelasnya nya.

Lebih lanjut, Fathur menyatakan bahwa Dinas Perdagangan terus mensosialisasikan dan memfasilitasi para pelaku usaha tujuan ekspor untuk membuat SKA dari NTB.

“SKA ini penting sebagai monitoring informasi yang dibutuhkan Kementerian di pusat, mereka juga akan melihat informasi itu bahwa komoditas ini berasal dari Lombok (NTB)” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, bersama dengan Kepala Balai Karantina Tumbuhan, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, Bapenda NTB, Kepala Bea dan Cukai Mataram, Balai Penelitian dan Tehnologi pertanian, dan General Manajer Pelindo III, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB memecahkan kendi sebagai tanda pelepasan ekspor vanili ke Amerika Serikat.

Turut mendampingi Kepala Dinas pada kegiatan tersebut adalah Baiq Denny Evita Darmiyana, S.Pd. (Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri), Iskandar, S.Sos, MM. (Kepala Seksi Bina Pelaku Ekspor Impor) beserta Tim.

Komentar