Mau Tahu Manggis Ratu Kamang? Simak Ulasannya Di sini

oleh -285 views
Manggis Ratu Kamang
Dok. Balitbu Kementan

Panennews.com – Manggis merupakan buah tropika yang dikenal banyak manfaat untuk tubuh. Di dalam buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini terdapat banyak vitamin B2, vitamin C, folat, maupun magnesium. Manggis juga biasanya nutrisi yang baik bagi seseorang yang sedang melakukan diet karena buah ini dapat meningkatkan metabolisme lemak yang dapat mencegah kenaikan berat badan.

Akan tetapi tahukah anda varietas manggis yang unggul? Salah satunya yaitu Manggis Ratu Kamang. Varietas ini sudah dinobatkan sebagai varietas manggis unggulan yang tercantum pada SK Mentan 380/Kpts/SR.120/1/2009.

Baca Juga :   Menilik Kandungan Nutrisi Jamur Merang, Spesies Jamur Sajian Utama Restoran

Badan Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) Kementerian Pertanian menjelaskan bahwa ciri-ciri dari manggis Ratu Kamang diantaranya panjang tangkai buah berkisar lebih kurang 2.5 cm. Selainitu buah berbentuk bulan sampai dengan agar lonjong dengan diamter berkisar 0.92 – 0.94 cm.

Untuk kulitnya terbilang mulus dengan getah kuning yang relatif sedikit. Adapun kadar airnya sendiri cukup tinggi yaitu berkisar 81,54 – 84,73 persen.

Sebagai informasi tambahan, bahwa manggis di daerah Sumatera Barat kini bukan hanya sebagai komoditi konsumsi lokal saja, melainkan sudah merambah ke tingkat pasar global. Mengutip dari Bisnis.com (18/10/2020), bahwa berdasarkan catatan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumbar telah menyiapkan perluasan lahan untuk kebun manggis dari 8.000 hektare, dan terus ditambah hingga 10.000 hektare, untuk mencapai target produksi minimal 80.000-100.000 ton per tahun.

Baca Juga :   Kemang, Buah Mangga Khas Jakarta Selatan

Bahkan di Sumbar menempati posisi nomor 2 di Indonesia sebanyak 28.833 ton, setelah Provinsi Jawa Barat dengan jumlah produksi sebanyak 74.975 ton bila dilihat pada tahun 2019 lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.