Ketahui, Golden Time Pada Proses Penanaman Kentang

oleh -151 views
Kentang
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kentang merupakan sebuah tanaman umbi yang kaya akan nutrisi. Minimal terdapat serat, mineral, vitamin, maupun antioksidan yang cukup penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu, tanaman dengan nama latin Solanum tuberosum L. ini juga merupakan sumber karbohidrat sekitar 66-90 persen yang terdapat di dalamnya.

Akan tetapi, jenis tanaman ini tak sembarangan untuk ditanam. Ada beberapa kriteria khusus jika anda ingin sukses menanam kentang dengan baik.Hal itulah yang diungkapkan oleh Agus Wibowo (26), petani milenial asal Magelang, Jawa Tengah.

Agus menjelaskan bahwa kunci penanaman kentang terletak pada bibitnya. Bibit kentang memegang peranan penuh agar hasil panen dapat maksimal.

“Bibit itu kunci, kalau genetiknya tidak bagus, mau treatment, pemakaian pupuk, dan cara apapun, maka dapat diprediksi hasil nya akan jelek” ujar Agus saat dihubungi Panen News beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga :   Buat Puasamu Lebih Produktif, Lakukan Hal Ini

Pemuda lulusan sarjana Agro Teknologi Universitas Sebelas Maret (UNS) ini selalu menggunakan bibit yang ia budidayakan sendiri. Sehingga menurutnya akan lebih tahu mengenai kualitas maupun kultur jaringan yang baik dari kentang.

Selain bibit, lanjut Agus, petani juga harus tahu golden time (waktu terbaik) saat penanaman kentang. Menurutnya hal tersebut erat kaitannya dengan cuaca, curah hujan, maupun penyinaran yang erat dengan penyakit pada tanaman kentang.

Golden time-nya sekitar bulan April, Mei, maupun Juni. Pada bulan karena ini karena mulai masuk pergantian musim” Jelasnya.

Baca Juga :   Buah Mengkudu Sebagai Obat Herbal Yang Penuh Khasiat

Oleh karena itu, Agus menjelaskan bahwa untuk musim hujanlah proses penanaman kentang yang baik dilakukan, karena saat-saat awal penanamannya kebutuhan air akan terpenuhi. Sehingga setelah akan memasuki musim kemarau, kentang sudah mulai masuk pada fase pembentukan isi yang banyak membutuhkan penyinaran matahari. Adapun masuk awal musim kemarau pembentukan isi kentang akan lebih maksimal.

Selain itu, menurutnya kriteria tanahnya juga harus gembur dan ukuran pH tanah juga harus diperhatikan, karena ini akan mempengaruhi pada beberapa penyakit yang menyerang tanaman umbi tersebut.

“Ukuran pH tanah untuk menanam kentang berkisar minmal 5 – 6.5 karena akan memperngaruhi dari serangan jamur dan penyakit. Jika pH tanahnya rendah juga itu nantinya kurang bagus” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.