Unik, Cangkang Rajungan Juga Bisa Diekspor Ke Jepang

oleh -17 views
Cangkang Rajungan
Dok. KKP

Panennews.com – Anda penghobi makanan rajungan?. Tentu salah satu biota laut ini sudah cukup populer menjadi kudapan yang lezat dan bergizi. Dagingnya yang empuk tentu akan menjadi sebagian orang merasa ketagihan. Biasanya daging rajungan saja yang dimanfaatkan untuk konsumsi, sedangkan cangkangnya kurang dieksplorasi lagi.

Akan tetapi berbeda dengan sebagian nelayan yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Mengutip dari laman Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Semarang pada bulan September 2020 melalukan pengiriman cangkang rajungan dengan tujuan ekspor ke negara Jepang.

Baca Juga :   Ikan Gabus memiliki manfaat mempercepat Penyembuhan Luka

Setidaknya BKIPM Semarang mencatat, selama kurun waktu 8 bulan (Januari-Agustus 2020), pengiriman cangkang rajungan dengan tujuan negara Jepang dilakukan sebanyak 10 kali. Secara keseluruhan sebesar 239.000 kg atau senilai Rp.1.442.138.220,-.

Perlu diketahui bahwa cangkang rajungan ini mempunyai kandungan mineral yang kaya manfaat. Setidaknya menurut penelitian dan pakar didalam cangkang rajungan terdapat sekitar 19,97 persen kalsium dan fosfor 1,81 persen.

Cangkang rajungan ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran makanan ternak, bahan alami pengawet makanan, hingga untuk kebutuhan kosmetik. Maka tak heran untuk sebagian nelayan di Jawa Tengah, cangkang rajungan dapat menjadi barang dengan nilai ekonomi untuk mendatangkan profit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.