Timun Laut Sebagai Obat Tradisional, Benarkah?

oleh -446 views
Timun Laut
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Timun laut yang dikenal juga dengan sebutan teripang dapat ditemui di seluruh perairan pantai, baik dari daerah pasang surut perairan yang dangkal sampai dengan pasang surut perairan dalam. Namun teripang lebih menyukai perairan yang bebas dari pencemar dan air yang relatif tenang.

Penyebaran teripang di Indonesia sangat luas, diantaranya perairan pantai Madura, JawaTimur, Bali, Sumba, Lombok, Aceh, Bengkulu, Bangka, Riau, Belitung, Kalimantan (bagian barat, timur dan selatan), Sulawesi, Maluku, Papua dan Kepulauan Seribu.

Harga biota laut dengan nama latin Holothuroidea ini relatif mahal. Alasan mahalnya biota laut yang habitat utamanya di karang ini tak hanya dipengaruhi oleh jenis teripang itu sendiri, melainkan juga dipengaruhi oleh manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan, sehingga menjadikan permintaan yang semakin tinggi dan menyebabkan kelangkaan. Kelangkaan ini dikhawatirkan akan menjadi penyebab terbesar kepunahan timun laut ini nantinya.

Baca Juga :   Daun Encok, Tumbuhan Liar Obat Alami Penyakit Rematik

Salah satu alasan tingginya permintaan dari timun laut ini adalah tentu karena manfaatnya bagi kesehatan. Namun tak hanya itu, teripang juga kerap dijadikan bahan dasar kosmetik, bahkan dipercaya juga mampu mempengaruhi kelezatan masakan tradisional Asia.

Dalam 112gr teripang mengandung lemak di bawah 1gr, kalori 60, protein 14gr, mineral seperti kalsium dan magnesium serta berbagai vitamin yang meliputi vitamin A,B2 serta B3 dan juga mengandung senyawa-senyawa yang diduga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Berikut senyawa serta manfaatnya bagi manusia,diantaranya adalah cairan coelomic yaitu senyawa kimia dengan fungsi serupa dengan sel darah putih manusia.  Chondroitin sulphate senyawa yang ada dalam tulang rawan manusia. Squalene, senyawa yang digunakan untuk memproduksi steroid. Asam palmitat,asam stearat dan asam linoleat yang merupakan jenis asam lemak sebagai antioksidan. Serta senyawa Triterpenoid yang diduga bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Baca Juga :   Mengenal Cacing Tabung Raksasa, Biota Laut Samudera

Berdasarkan kandungan nutrisi dan senyawa-senyawa itulah teripang disimpulkan memiliki manfaat dalam dunia pengobatan, baik pengobatan tradisional maupun pengobatan modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.