Jangan Salah, Ini Fakta Perbedaan Talas Dan Keladi

oleh -5.166 views
Ilustrasi Umbi Talas
Foto : Istockphoto

Panennews.com РSalah satu video yang cukup viral pekan ini yaitu mengenai harga tanaman keladi yang mencapai hingga jutaan rupiah. Tumbuhan dari genus Caladium ini seolah menjadi demam tersendiri dan banyak diburu oleh sebagian orang. Bahkan ada netizen yang sengaja mencari hingga masuk ke hutan.

Walaupun sama-sama dapat dijadikan tanaman hias, tetapi talas dan keladi mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Meski keladi (Xanthosoma sp) tergolong dalam suku talas-talasan (Araceae), tanaman keladimasuk dalam genus Caladium. Adapun talas masuk dalam genus Colocasia.

Selain itu, keladi sangat jarang membentuk umbi besar dan juga tidak dapat dikonsumsi karena beracun. Sedangkan talas sendiri justru sebaliknya, yaitu menghasilkan umbi yang cukup besar dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan.

Baca Juga :   Anggrek Tebu, Anggrek Terbesar yang Dilindungi

Sebagai bahan pangan yang baik, banyak petani membudidayakan tanaman ini. Selain itu umbinya pun dapat dijadikan sebagai sumber makanan pokok.

Lebih lanjut, kandungan nutrisi yang ada di umbi talas berupa karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu juga mengandung mineral, maupun lemak. Adapun kandungan vitamin yang ada dalam umbi talas yaitu Vitamin A, C, dan vitamin B1.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.