Chia Seed, Biji-Bijian Kecil Dengan Manfaat Besar

oleh -250 views
chia seed
Foto : Pixabay

Panennews.com – Chia seed, biji-bijian kecil yang mirip dengan biji selasih dengan rasa hambar ini sekarang sedang populer sebagai taburan pada menu makanan atau minuman yang diklaim bagus untuk kesehatan.

Biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L ini biasanya tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun belakangan chia seed mulai masuk di Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit.

Kandungan nutrisi yang ada pada chia seed ini, diantaranya protein, karbohidrat, serat, asam lemak omega-3, omega-6, mineral, kalsium, fosfor, magnesium, tembaga, serta sejumlah vitamin lainnya. Biji ini juga mengandung sejumlah antioksidan kuat yang berperan penting dalam membantu tubuh memerangi penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga :   Kaya Manfaat Dari Air Cucian Beras Yang Bisa Dijadikan Pupuk Organik

Tak hanya untuk penyakit-penyakit kronis diatas, namun chia seed ini dipercaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya. Protein dan magnesium pada biji kecil berwarna hitam ini berfungsi baik untuk kesehatan tulang.

Penelitian menunjukkan bahwa penderita obesitas yang rutin mengkonsumsi chia seed selama 6 bulan, terlihat mengalami penurunan berat badan sebanyak 2kg. sehingga dapat disimpulkan bahwa serat yang terkandung dalam chia seed mampu menurunkan berat badan. Tentu dengan pola makan yang baik dan teratur pula.

Baca Juga :   Mengenal Tanaman Wijen, Dari Ciri Hingga Syarat Tumbuhnya

Untuk mendapatkan manfaat chia seed secara maksimal dapat dengan mengolah dan menyajikannya dengan cara yang baik dan tepat. chia seed dapat diolah dengan beragam cara, diantaranya bisa dengan direndam terlebih dahulu dengan cairan atau air dalam beberapa menit.

Selain direndam juga bisa langsung menaburkan chia seed langsung pada buah, puding atau pada menu makanan lainnya. Meski chia seed memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun chia seed tidak direkomdasikan untuk dikonsumsi anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.