Ruak-ruak Truwok, Burung Sawah Dengan Suara Khas

oleh -14 views
Truwok
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ruak-ruak truwok, atau lazim disebut Kareo Padi merupakan salah satu jenis burung dengan suara yang menarik. Jika diperhatikan, suaranya terdengar seperti “uwok-uwok”. Bahkan, beberapa orang-orang menjadikannya sebuah lagu yang menarik dan diunggah ke laman media sosial mereka.

Hewan ini bernama ilmiah Amaurornis phoenicurus dengan sinonim Erythra phoenicura. Hewan ini memiliki cukup banyak nama lain, seperti sribombok, dan ayam-ayaman sawah. Dalam bahasa inggris hewan ini disebut dengan White-breasted Waterhen. Mereka termasuk dalam kategori water bird.

Kareo padi memiliki tinggi 20 cm dengan panjang badan sekitar 15 cm. Ekornya termasuk pendek dan akan dinaikkan ketika sedang berjalan. Warna bulu mereka coklat keabu-abuan tua. Namun pada bagian muka hingga dada didominasi warna putih mencolok dengan warna kuning gading pada paruh.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Dengan Burung Cililin

Tidak ada masa kawin khusus pada ruak – ruak truwok. Sekali masa kawin, mereka dapat menghasilkan 3 – 6 telur/sarang. Masa eram berlangsung hingga 20 hari. Namun, indukan betina dan jantan akan menemani anakan sampai remaja.

Burung ini sangat senang pada kawasan berair seperti sawah ataupun dibalik semak-semak yang lembab. Mereka juga dapat hidup di dataran dengan ketinggian malsimal 1.600 mpdl.

Persebarannya ada India, China dan Asia Tenggara. Di Indonesia, mereka dapat ditemukan di seluruh pelosok negeri.

Komentar