Kelinci Rexsi Agrinak, Varietas Dari Hasil Proses Bibit Seleksi

oleh -22 views
Dok. Kementan
Dok. Kementan

Panennews.com – Bisnis ternak kelinci tak hanya sebatas sebagai komoditas konsumsi saja. Sebenarnya ada banyak varietas kelinci untuk dapat dikembangbiakkan, utamanya jenis kelinci hias yaitu Rexsi Agrinak. Hewan dengan nama latin Oryctolagus cuniculus ini merupakan hasil seleksi jenis kelinci rexsi.

Mengutip dari laman Balitbang Peternakan Kementerian Pertanian, Kelinci Rexsi merupakan hasil seleksi dari kelinci rex yang memiliki keseragaman produktivitas, yaitu jumlah anak sekelahiran diatas 6 ekor dan bobot sapih pada umur 6 minggu yang tinggi. Selain itu, karakteristik kualitatif warna rambutnya bervariasi campuran dua warna (hitam-putih), Castor, chincila (putih hitam-coklat) dan putih Telinganya tegak dan oval menyempit.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Ternak (Balitnak) telah melakukan serangkaian kegiatan penelitian untuk menghasilkan bibit unggul dari jenis-jenis kelinci yang tersedia. Salah satunya diberi nama kelinci Rexsi Agrinak yang dilepas Kementerian Pertanian tahun 2017 silam dengan keputusan Mentan nomor 303/Kpts/SR.120/5/2017.

Keunggulan dari kelinci Rexsi Agrinak adalah bobot lahir mencapai 55 gram dengan jumlah anak sekelahiran dapat mencapai 6 – 8 ekor. Memiliki bobot umur enam minggu 652 gram, untuk bobot induk 2.932,13 gram/ekor dengan koefisien keragaman 9% dan bobot jantan dewasa 2744 gram dengan koefisien keragaman 10 %.

Umur siap kawin jantan adalah 6 bulan dan betina 5,5 bulan dengan Lama kebuntingan 30 hari. Sedangkan untuk bobot potong umur 24 minggu 2.711 gram.

Komentar