Fakta Terumbu Karang Indonesia Yang Bikin Bangga

oleh -395 views
Dok. KKP
Dok. KKP

Panennews.com – Terumbu karang tidak bisa lepas dari sebuah ekosistem di laut yang banyak menopang ribuan jenis hayati ikan. Keberadaan terumbu karang bukan hanya menyajikan keragaman hatayi laut yang eksotis, tetapi juga lebih sebagai sumber kehidupan dari sebagian ikan yang hidup di laut.

Maka dari itu menjaga kekayaan ini tentu akan sangat berguna untuk mempertahankan kesinambungan kehidupan dan sumber daya alam di laut. Lebih lanjut Indonesia merupakan salah satu dari 6 negara yang masuk dalam Coral Triangle Initiative (CTI) selain Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon. Menariknya ada banyak fakta yang membuat kita bangga memiliki kekayaan alam di laut, utamanya terumbu karang.

Baca Juga :   Seperti Kristal, Begini Proses Pembuatan Garam dari Air Laut

Mengutip dari sosial media Twitter Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), bahwa luas terumbu karang di Indonesia mencapai sekitar 50.875 km atau sekitar 18 persen luas populasi terumbu karang di dunia. Adapun di kawasan CTI sendiri sebagian terumbu karang terletak di perairan Nusantara yaitu sekitar 65 persen.

Untuk jenis karangnya sendiri, Indonesia juga cukup banyak memiliki ragamnya. Ada sekitar 569 jenis karang yang berada di laut Indonesia, dan hal ini yang tertinggi di dunia, yaitu total jenis karang di dunia sekitar 845 jenis.

Baca Juga :   Belut Moray, Biota Laut Dengan Bentuk Tubuh Memanjang

Untuk biota lautnya sendiri, khususnya ikan, ada sekitar 2.200 spesies ikan karang yang hidup di sekitar terumbu karang yang berada di perairan laut Indonesia tersebut. Melihat fakta-fakta diatas, maka sudah sewajarnya kita harus terus menjaga aset terumbu karang yang kaya ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.