Burung Manyar, Spesies Unggas Pemilik Kekreatifan Paling Tinggi

oleh -10 views
Burung Manyar
Foto : Flickr/Andy_LYT

Panennews.com – Kekreatifitasan seringkali dinilai hanya bisa dilakukan oleh para manusia saja. Padahal di dunia ini ada seekor burung yang tak kalah kreatif dalam membangun rumahnya. Namanya, burung Manyar sejenis unggas yang memiliki kecerdasan seperti manusia.

Ciri-ciri yang dimiliki burung cerdas ini sangatlah spesifik untuk menjadi pembeda dari burung lainnya. Warnanya yang cukup gelap dengan perpaduan warna kuning terang pada bagian kepalanya, membuat burung ini sangat gampang untuk dikenali.

Ploceus Manyar adalah nama lain dari unggas ini. untuk bisa menemukannya, cara termudah mudah adalah dengan mengunjungi rawa, persawahan, hutan atau padang rumput. Karena tempat-tempat itulah yang menjadi habitat aslinya.

Bukan hanya itu saja keunikannya, melainkan bisa dilihat juga pada sarang yang dibangunnya. Biasanya si pekerja keras yang berusaha memperindah tampilan istananya adalah pejantan saat memasuki musim perkawinan dan perkembangbiakkan.

Hal ini dilakukannya untuk menarik perhatian betina agar mau menjadi pasangannya. Sementara itu, untuk persebaran burung kecil ini juga sangatlah luas. Sebab, masih bisa ditemukan pada belahan bumi manapun, termasuk beberapa wilayah di Indonesia.

Meskipun cukup cantik dan menarik, akan tetapi masih belum banyak yang memelihara burung Manyar. Malahan ada yang masih belum tahu terkait burung satu ini. padahal di tiap sudut hutan yang memiliki iklim tropis pastilah ditemukan adanya burung sejenis ini.