Burung Hantu Owl, Si Pintar Spesies Malam

oleh -6 views
Owl
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Burung Hantu Owl merupakan sejenis unggas pemangsa atau karnivora yang selalu mencari makan di malam hari. Memang tidak seperti kebanyakan burung pada umumnya yang selalu menuntaskan aktifitasnya di siang hari.

Nama latin dari burung ini adalah Strigiformes, yang memiliki ciri-ciri khusus matanya berukuran besar dan selalu menghadap ke depan. Tak hanya itu saja, paruhnya juga sangat tajam namun bengkok, serta wajah seperti oval.

Sementara itu, Burung Hantu Owl ternyata mempunyai beberapa makna yang berbeda tiap negara. Seperti di Indonesia yang menganggapnya sebagai simbol maut, sedangkan di bumi bagian Barat menganggapnya sebagai kesejahteraan.

Secara umum burung ini juga lebih sering menghabiskan waktu berburunya di malam hari. Karena termasuk hewan karnivora, berarti makannya juga daging seperti ular, tikus, dll. Ada pula beberapa jenis dari burung ini seperti Elang Endaman, Kelabu Besar, dsb.

Perbedaan jenis ini juga akan mempengaruhi jumlah telur yang dihasilkannya. Kisaran untuk burung ini biasanya mencapai 4 butir telur dalam sekali proses perkawinan. Telurnya pun juga berwarna tak sama ada yang putih bercak atau polos.

Persebaran dari burung Hantu Owl sendiri lebih meluas di seluruh dunia. Sehingga tak heran jika banyak pula yang membudidayakannya di rumah sebagai hewan peliharaan. Baik untuk menjadi hewan hias, atau sebagai pemburu tikus di sekitaran.