Berkenalan dengan Murai Batu, Burung Kecil Bersuara Merdu

oleh -6 views
Murai Batu
Foto : Getty Images

Panennews.com – Kompetisi burung bersuara merdu, seolah sudah menjadi kegiatan yang terbiasa dilakukan oleh masyarakat umum. Biasanya yang menjadi peserta di salah satu kompetisi yang di adakan ialah burung Murai Batu atau si kecil bersuara merdu.

Memiliki nama latin Copychus Malabaricus, burung ini memiliki sejumlah ciri unik yang khas untuk diketahui. Biasanya burung ini cenderung berwarna hitam kecuali di bagian tertentu seperti badannya yang lebih dominan dengan warna merah atau jingga.

Sementara itu untuk ukuran tubuh dari burung Murai Batu terbilang kecil, yaitu kisaran 14 – 17 cm saja. Akan tetapi meskipun ukurannya tak lebih dari 20 cm, kicauan yang dihasilkannya sangatlah nyaring, apalagi yang memiliki kelamin jantan.

Persebaran dari burung kicau ini kebanyakan ada di wilayah Indonesia tepatnya di bagian Sumatera dan Jawa. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kawasan hutan yang memang menjadi tempat tinggal favorit untuk burung ini.

Lebih lanjutnya lagi burung ini memiliki beberapa macam jenis yang bisa ditemui. Hanya saja pada jenis-jenis tertentulah yang sering dipergunakan untuk lomba karena dianggap memiliki suara paling bagus.

Burung Murai Batu sekarang ini sudah banyak diperjualbelikan untuk kebutuhan kompetisi. Harganya pun bisa sangat mahal jika sudah terlatih. Oleh karenanya, tak mengherankan lagi jika banyak dari orang-orang yang ingin membudidayakan burung satu ini.