Alternatif Pakan Ternak Dengan Keong Mas

oleh -12 views
Keong Mas
Foto : Adobe Stock

Panennews.com – Keong Mas atau Siput Murbei merupakan salah satu hewan hama yang dapat merusak tanaman padi. Habitat dari hewan ini biasanya pada area-area yang lembab dan berair seperti sawah, kolam, maupun rawa.

Hewan dengan nama latin Pomacea canaliculata ini juga bergantung pada temperature, hujan, ketersediaan air, dan makanan. Selain itu, hewan ini terdiri dari cangkang dan daging yang berada di dalamnya.

Di kutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian dari hasil uji proksimat di Institut Pertanian Bogor menunjukkan bahwa keong mas memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Baca Juga :   Rumput Gajah, Alternatif Pakan Ternak Yang Murah dan Mudah

Dalam setiap 100 gr daging keong mengandung energi makanan sebanyak 83 kalori, protein 12,2 gr, lemak 0,4 gr, karbohidrat 6,6 gr, abu 3,2 gr, fosfor 61 mg, natrimum 40 mg, kalium 17 mg, riboflavin 12 mg, niacin 1,8 mg, serta mengandung vitamin seperti vitamin C, Zn, Cu dan Iodium.

Daging keong mas juga kaya dengan mineral khususnya fosfor, sodium, potassium yang sangat bermanfaat dalam pembentukan rangka dan tulang serta sisik ikan.

Dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam Keong Mas ini, maka hal ini dapat dijadikan pakan alternatif untuk ternak.

Komentar