3 Provinsi Di Indonesia Dengan Produksi Kopi Terbanyak

oleh -10 views
Roasting Kopi
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Mungkin dari sebagian kita sudah sangat familiar dengan yang namanya kopi. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri batang yang kokoh dan daun yang lebar. Daunnya memiliki warna hijau tua dan akan semakin cokelat apabila telah hampir siap untuk dipanen. Bagian bunganya memiliki aroma khas semerbak yang akan sangat tercium ketika musim berbunga.

Ada beberapa jenis varian yang ada dalam tanaman    kopi seperti Arabika maupun Robusta. Tentu dari masing-masing varian ini memiliki khas dan cita rasa yang berbeda. Di Indonesia sendiri dari kedua varian tersebut dapat tumbuh dengan baik dan faktanya tak kalah dengan kopi lainnya di kancah Internasional.

Baca Juga :   5 Fakta Unik Kopi Kelas Premium Dari Kemanunggalan TNI AU Dengan Masyarakat

Lalu provinsi mana saja di Indonesia dengan tingkat produksi kopi terbanyak. Berikut data yang dikutip dari laman Kementerian Pertanian RI sampai dengan tahun 2020.

Untuk provinsi di Indonesia tahun 2020 dengan tingkat produksi kopi ke-tiga yaitu Jawa Timur yaitu sekitar 68.769 ton kopi. Hal ini sedikit berkurang dari tahun sebelumnya yaitu 66.681  atau menurun sekitar 0.28 persen.

Di posisi ke-dua yaitu Provinsi Lampung. Provinsi yang berada di Pulau Sumatera ini memang sudah cukup terkenal sebagai penghasil kopi, maka tak heran jika di tahun 2020 dapat menghasilkan kopi sampai dengan 110.291 ton. Di Tahun ini produksi kopi di Provinsi Lampung  meningkat sekitar 3,15 persen dari tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Kembangkan Kopi Nasional, Dekopi Kolaborasi Bersama Kementan

Lebih lanjut untuk provinsi di Indonesia dengan produksi kopi terbesar yaitu Provinsi Sumatera Selatan. Di provinsi ini ada sekitar 199.324 ton di tahun 2020 yang meningkat sekitar 5,07 persen dari tahun sebelumnya yaitu 196.016 ton. Dari semua provinsi, secara keseluruhan tingkat produksi kopi di Indonesia tahun 2020 mencapai sekitar 773.409 ton atau meningkat sekitar 5,31 persen dari tahun sebelumnya yang berkisar sekitar 760.963 ton.

Komentar