Mengenal Lebih Dekat Dengan Burung Cililin

oleh -611 views
Burung Cililin
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Burung cililin atau Tangkar Ongklet adalah spesies yang termasuk dalam keluarga gagak-gagakan (corvidae). Dikenal sebagai burung yang mudah emosi serta berkarakter fighter sejati. Tangkar ongklet memiliki kecerdasan yang tinggi. Namun, rawan terhadap stress.

Burung dengan nama latin platylophus galericulatus memiliki jambul panjang (3 – 4 cm) di bagian kepala dengan ukuran tubuh sekitar 28 – 30 cm. Perbedaan pejantan dengan betina dapat dilihat dari bintik putih pada alis mata serta garis pemisah bulu putih dan hitam di bagian leher.

Baca Juga :   Wapres Minta Kuota Ekspor SBW Ke Tiongkok Ditambahkan

Ada dua jenis cililin di Indonesia, yaitu coronatus dan galericulatus. Platylophus galericulatus galericulatus, tersebar di bagian Jawa. Ciri jenis ini adalah warna bulu abu-abu kehitaman dan suara kicauan yang pendek serta kasar.

Pada Sumatra dan Kalimantan (coronatus), bulu berwarna coklat gelap, iris mata merah kecoklatan, paruh hitam, serta kaki biru kehitaman. Kicauan burung jenis ini panjang dan melengking namun halus. Pecinta burung sering memilih jenis ini untuk mengikuti perlombaan.

Habitat alaminya adalah hutan dataran rendah dengan ketinggian 1.200 Mdpl. Penyebaran burung secara global ada di Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar. Gemar memakan serangga seperti jangkrik, belalang, atau ulat. Burung ini hanya mengeluarkan 1 – 2 telur/masa kawin.

Baca Juga :   Puffin Atlantik, Spesies Burung Laut Tergolong Unik

Penangkaran Cililin yang masih minim di Indonesia membuat pecinta burung mengandalkan keberadaannya di hutan dengan berburu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.