Mengenal Daun Bangun-bangun yang Terkenal Mampu Memperlancar ASI

oleh -23 views
Tanaman Bangun Bangun
Foto : Getty Images

Panennews.com – Indonesia kaya dengan tumbuhan yang berkhasiat tinggi, salah satunya adalah daun bangun-bangun. Daun yang merupakan habitat asli dari Sumatera Utara ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk memperlancar ASI.

Tumbuhan yang masuk dalam klasifikasi tanaman perdu ini memiliki nama latin Plectranthus amboinicus. Hal yang unik dari penampilan daun ini adalah memiliki bentuk yang mirip hati dengan warna hijau muda. Apabila warna daunnya mulai pekat, maka bisa jadi sudah hampir layu.

Ciri-ciri lainnya adalah berbatang tebal, lunak, tetapi sedikit berkayu. Pada bagian daunnya dilengkapi dengan bentuk tulang menyirip dan bercabang. Jika dilihat secara detail, tampilan daun dari tumbuhan ini sangat mirip seperti jala.

Baca Juga :   Ini Dia Tips Ngopi Sehat Ala Kolonel Pas Anis Nurwahyudi Yang Perlu Anda Ketahui

Tidak hanya itu, daun bangun-bangun hanya memiliki pohon yang sanggup tumbuh setinggi 1 meter saja. Daun juga memiliki aroma yang cukup khas, yakni seperti menguarkan bau pahit. Hal tersebut cukup wajar karena ketika direbus, air yang dihasilkan memang sangat pahit.

Selain itu, dibalik tekstur daunnya yang bergerigi, terdapat kandungan kalium dan minyak atsiri yang sangat banyak. Secara umum, tumbuhan ini memang memiliki banyak sekali kandungan alami yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Meskipun habitat asli dari daun bangun-bangun berada di Sumatera Utara, sudah banyak daerah yang mulai membudidayakannya. Proses pembudidayaannya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan modal yang banyak sehingga tidak perlu ragu untuk memulai.

Komentar