Membuat Jamu untuk Ayam Jago yang Praktis

oleh -298 views
Ayam Pelung
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Memelihara ayam terutama ayam jago pasti banyak dilakukan oleh orang-orang karena cara memeliharanya yang cukup mudah. Walaupun pemeliharaannya mudah, membuat jamu untuk ayam Jago juga penting dilakukan. Jamu untuk ayam Jago diberikan agar membuat ayam terjaga staminanya.

Fungsi jamu yang diberikan sebenarnya tidak hanya untuk menjaga stamina ayam, jamu juga bisa berfungsi untuk meningkatkan gairah kawin pada ayam jago. Lalu, bagaimana cara membuat jamunya? Membuat jamu untuk ayam caranya cukup praktis dan mudah, simak penjelasan berikut.

Baca Juga :   Peternak Kambing Lombok Keluhkan Serbuan Peternak Luar Daerah

Hal yang perlu disiapkan adalah jahe dan kunir, parut jahe dan kunir yang sudah dicuci bersih. Lalu, rebus parutan jahe dan kunir tersebut dalam air. Setelah itu, Anda bisa mencampurkan air rebusan itu ke dalam makanan ayam Jago ataupun bisa langsung diminumkan ke ayam.

Selain air rebusan jahe dan kunir, Anda juga bisa menggunakan kunyit. Membuat jamu dengan bahan kunyit untuk ayam jago caranya hampir sama dengan cara membuat jamu dari jahe dan kunir, cukup cuci dan parut kunyit, lalu peras kunyit tersebut dan berikan sebagai campuran air minum ayam Jago.

Baca Juga :   Aneka Ragam Manfaat Kroto Untuk Hewan Ternak

Bahan-bahan jamu yang diperoleh dari tumbuhan rimpang seperti jahe, kunir dan kunyit di percaya bisa mengefesiensikan konsumsi pakan serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh ayam. Pemberian jamu tersebut bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu.

Demikian tadi cara membuat jamu untuk ayam Jago. Banyak manfaat yang didapat saat Anda memberikan jamu untuk ayam, imbangi pemberian jamu dengan pemberian pakan yang berkualitas agar ayam jago semakin sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.