Makaw, Burung Cantik yang Hampir Punah

oleh -436 views
Burung Makau
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Makaw adalah sebutan untuk salah satu jenis unggas yang memiliki ukuran tubuh besar dengan beberapa perpaduan warna di bulu-bulunya. Burung ini masih menjadi keluarga dari Betet atau sering disebut burung Bayan.

Hal ini dikarenakan burung yang memiliki nama latin Ara Macao memiliki suara yang unik dan sering mengoceh seperti Betet. Sementara itu burung cantik ini sendiri sudah menjadi hewan yang langka, karena banyaknya perburuan untuk diperjualbelikan.

Ada suatu ciri yang bisa dijadikan acuan untuk mengenali Makaw, yaitu terletak pada warna bulunya. Biasanya ekor dari burung ini memiliki warna biru terang, sementara sayap bagian atasnya berwarna kuning dengan kombinasi warna biru yang indah.

Baca Juga :   Mantap, Ini Segudang Manfaat Dari Sarang Burung Walet

Tak hanya itu saja, burung ini juga memiliki ukuran berkisar 81 cm saja dengan berat badan 1 kg. Namun, meskipun hanya berukuran 1 kg saja umurnya bisa mencapai 40 – 50 tahun lamanya.

Sementara itu, untuk persebaran dari unggas satu ini terbilang cukup luas yaitu mulai dari Mexico sampai dengan hutan Amazon. Sehingga hal ini membuat burung tersebut sangat banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Kebanyakan orang yang berburu burung makaw ialah untuk dipasarkan, karena memang harganya sangat tinggi. Namun, meskipun dapat memberikan keuntungan alangkah baiknya untuk tidak merusak habitatnya agar burung ini bisa dikenal sampai generasi berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.