Jalak Bali, Burung Cantik dari Dewata

oleh -23 views
Jalak Bali
Foto : Getty Images

Panennews.com – Jalak terkenal sebagai jenis burung dengan suara merdu. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis Jalak idaman, diantaranya adalah Jalak Bali. Jenis ini merupakan hewan endemik Indonesia dan termasuk dalam satwa yang dilindungi pemerintah.

Curik putih adalah sebutan lain hewan bernama latin Leucopsar rothschildi ini. Hewan ini pun merupakan satu-satunya satwa endemik. Ditemukan pada 1910 oleh seorang berkebangsaan Inggris, Walter Rothschild. Satwa ini pun resmi dijadikan lambang Provinsi Bali pada 1991.

Ukurannya sekitar 25 cm dengan berat 108 gram. Paruhnya pun runcing dengan panjang sekitar 2 – 5 cm. Bulu putih hampir keseluruh tubuh dengan warna coklat tua adalah ciri fisik dari hewan ini. Pada bagian kepala terdapat jambul di tambah dengan warna mata coklat tua menambah keindahannya.

Baca Juga :   Mau Ternak Kambing?, Ini 3 Metode Penting Penggemukan Pada Kambing Potong

Jalak bali adalah hewan dengan sex ratio 1:1. Satwa ini juga tidak memiliki masa khusus untuk kawin. Perkawinan dimulai ketika berusia 7 – 9 bulan. Setiap 1 kali masa kawin, betina hanya dapat menghasilkan maksimal 3 telur dengan masa eram 16 hari.

Satwa endemik ini senang tinggal di kawasan hutan rawa, mangrove, hutan dataran rendah serta savana. Di daerah Bali, mereka secara alami berada pada Taman Nasional Bali Barat serta daerah Lampu Merah dan Batu Gondang. Jika berkunjung ke Bali, sempatkan untuk melihat keindahan Jalak Bali.

Komentar