Ini Dia Keistimewaan Dari Tanaman Bayam Merah

oleh -60 views
Bayam Merah
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bayam merupakan salah satu tanaman yang menjadi komoditas sayuran paling terkenal di Indonesia. Salah satu jenisnya yang cukup terkenal di samping bayam hijau adalah bayam merah. Hal tersebut karena kandungan nutrisi yang sangat kaya.

Tampilan yang membuat bayam ini sangat menonjol adalah warna daunnya yang merah. Tanaman dengan nama latin Amaranthus gangeticus ini memang mengandung zat pewarna tumbuhan. Zat tersebut memiliki kandungan betasianian dan pigmen alami yang dijamin aman saat dikonsumsi.

Tinggi batangnya hanya memiliki rata-rata maksimal 0,4-1 meter saja. Tidak hanya lemah dan tipis, batang dari tanaman ini juga sedikit berair. Ciri-ciri lain dari batangnya adalah memiliki panjang 5-8 cm dengan bagian pangkal tampak runcing.

Baca Juga :   Cara Memanfaatkan Barang-barang Bekas untuk Membuat Instalasi Hidroponik

Pada variasi bayam merah, kandungan nutrisi didominasi oleh zat anti oksidan sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Perlu diketahui, anti oksidan yang ada di dalamnya dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan terlindungi dari penyakit.

Persebaran tanaman ini juga sudah sangat merata di Indonesia. Bahkan hampir semua daerah merupakan penghasil bayam. Jenis sayuran ini bahkan sudah menjadi menu keluarga Indonesia yang sangat lekat dengan kebiasaan masyarakat.

Saking banyaknya kandungan manfaat di dalam bayam merah beserta dengan rasanya yang nikmat, jumlah petani yang membudidayakan tanaman ini menjadi sangat banyak. Apalagi proses budidaya juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Komentar