Genjot Ekspor, Bea Cukai Maumere dan Pemerintah Kabupaten Ngada Siap Berkolaborasi

oleh -115 views
Roasting Kopi
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kepala Kantor Bea Cukai Maumere, Tommy Hutomo melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Kabupaten Ngada pada hari Kamis (13/8). Kunjungan tersebut bertujuan untuk menggali potensi ekspor di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur dan melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat.

Bupati Ngada, Paulus Soliwoa, memberikan apresiasi atas kunjungan Bea Cukai Maumere. Paulus menyampaikan bahwa Kabupaten Ngada memiliki potensi ekspor hasil bumi.

“Kopi Arabika Bajawa sejak tahun 2009 telah di ekspor ke negara Amerika,” ujarnya. Selanjutnya Paulus meminta agar Bea Cukai Maumere dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ngada dalam meningkatkan dan menumbuhkan potensi-potensi ekspor di Kabupaten Ngada.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Apresiasi Program Merdeka Ekspor Wujudkan Ketahanan Pangan Indonesia

Selain Kopi, ada beberapa produk unggulan Kabupaten Ngada yang memiliki potensi dapat dipasarkan ke negara lain seperti mente, kelapa, kakao, cengkeh, kemiri dan bambu.

Tommy dalam kesempatan tersebut menyampaikan kesiapan Bea Cukai Maumere untuk bekerja sama dan memberikan asistensi dalam meningkatkan dan menumbuhkan kegiatan ekspor di Kabupaten Ngada.

“Kami siap memberikan asistensi, sosialisasi dan pelatihan berkaitan dengan kegiatan ekspor khususnya di bidang Kepabeanan” ujar Tommy.

Selain itu, Bea Cukai Maumere akan komitmen bersinergi dengan instansi terkait dalam meuwjudkan ekspor langsung dari Kabupaten Ngada.

Baca Juga :   Mentan : Kebutuhan Pangan RI Tahun 2020 Aman dan Terkendali

“Kami juga siap bekerja sama dan bersinergi dengan pengusaha, koperasi dan pihak-pihak yang terkait sehingga ekspor langsung dari wilayah Ngada atau Flores dapat dilakukan,” pungkas Tommy.

Tommy berharap koordinasi tersebut dapat menjadi langkah awal yang baik untuk terciptanya pertumbuhan dan peningkatan kegiatan ekspor Kabupaten Ngada, sehingga secara tidak langsung mampu menggenjot perekonomian di wilayahnya. [*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.