Di Balik Kenikmatannya, Ternyata Begini Profesi di Dunia Kopi

oleh -8 views
Barista
Foto : Getty Images

Panennews.com – Bicara mengenai kopi tentunya tak jauh-jauh dari profesi penting dalam dunia kopi. Selama ini sebagian besar orang hanya mengerti kenikmatan kopi, tapi tidak tahu seluk-beluk dunianya. Dibalik kenikmatan rasa, ternyata ada profesi di dunia kopi yang cukup penting kehadirannya.

Profesi yang terpenting di dunia kopi rasanya jatuh kepada para petani kopi. Jika tak ada petani, maka kopi tak akan pernah dipanen. Jasa petani kopi sangat penting, karena merekalah yang memilih dan memutuskan kopi jenis apa yang akan ditanam, arabika ataukah robusta.

Baca Juga :   "Lezatnya" Peluang Bisnis Bebek Pedaging

Petani kopi juga harus teliti agar menghasilkan biji kopi terbaik. Selain petani kopi, ada pula profesi lain yang tak kalah penting, yaitu green buyer. Sebelum kopi dihidangkan di meja kafe, green buyer akan berkeliling untuk mencari kopi manakah yang terbaik dan layak dihidangkan.

Ada profesi yang sangat penting untuk menciptakan nikmat kopi yang khas, yaitu coffee roaster. Profesi tersebut bertugas untuk memasak kopi yang mentah menjadi matang dan berusaha menciptakan rasa lezat kopi yang nantinya akan dikonsumsi.

Baca Juga :   Berburu Kopi Hijau Yang Baik Untuk Kesehatan

Selanjutnya, ada pula profesi yang bernama professional cupper atau orang yang bertugas mencicipi dan menilai rasa dari kopi yang dihasilkan oleh coffee roaster sebelum kemudian diracik oleh sang barista kopi.

Itulah beberapa profesi di dunia kopi yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui tugas dan kewajiban dari profesi-profesi di atas, Anda bisa belajar untuk lebih menghargai dan menikmati karya dari secangkir kopi.

Komentar