Cara Mudah Pembenihan Belut Untuk Pemula

oleh -33 views
Ikan Belut
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Belut merupakan hewan yang banyak dibudidayakan oleh orang. Budidaya belut dipilih karena komoditas air tawar ini banyak digemari oleh orang-orang. Maka dari itu, cara pembenihan belut yang benar wajib diketahui bagi pemula yang ingin membudidayakan belut agar hasilnya sesuai standar di pasaran.

Bagi Anda yang baru belajar membudidayakan belut, ada 4 langkah dalam pembenihan belut yaitu membuat media pembenihan, pemeliharaan serta seleksi indukan belut, pemijahan induk belut, dan panen benih belut. Empat hal ini wajib Anda praktekan dengan benar. Simak penjelasan berikut!

Baca Juga :   Bilis, Ikan Pipih Endemik Asal Pulau Sumatera

Dalam membuat media pembenihan hal yang harus Anda lakukan adalah memfermentasikan bahan-bahan seperti pupuk kandang, lumpur, jerami, pelepah pisang dan decomposer. Hal ini wajib sebelum Anda gunakan karena ini merupakan tahapan awal dalam budidaya belut.

Selanjutnya, hal yang harus Anda lakukan adalah seleksi indukan belut. Dalam hal ini Anda harus memisahkan yang mana belut pejantan dan yang mana belut betina. Masukan indukan-indukan belut dalam satu wadah agar mudah ketika melakukan pemijahan.

Dalam pemijahan induk belut caranya cukup mudah, masukan pejantan dan indukan belut kedalam satu wadah dengan perbandingan 1:5. Ketika pemijahan ini berlangsung berikan keong mas atau tepung bekicot sebagai pakan.

Baca Juga :   Pengusaha Pakan Ikan Sepakat Tunda Kenaikan Harga

Cara pembenihan belut yang terakhir adalah panen benih belut. Keluarkan pejantan dan betina dari wadah pemijahan, lalu keluarkan lumpur yang ada pada wadah pemijahan. Pisahkan benih belut dari lumpur lalu masukan pada wadah pembenihan belut yang diisi media pembenihan.

Komentar