Cara Menanam Melon di Polybag Pekarangan Rumah

oleh -19 views
Ilustrasi Melon Foto pinterest
Ilustrasi Melon - Foto : Pinterest

Panennews.com – Terkadang kita ingin melakukan penghematan biaya rumah tangga dengan menanam berbagai tanaman dan buah secara mandiri di rumah. Salah satunya adalah menanam melon, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan cara menanam melon di polybag.

Hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan dalam penanaman melon di media polybag adalah pertama, buah melon dapat tumbuh dengan baik pada area yang memiliki ketinggian 250m – 800m dpl, curah hujan sebanyak 1.500mm – 2.500mm/tahun, kelembapan udara sebesar 50% hingga 70%.

Kedua, hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan bibit melon. Bibit melon disiapkan dengan merendam benih melon yang telah diberi pestisida selama 4-6 jam. Lalu, benih tersebut ditiriskan dan ditaruh pada kertas berukuran lebar yang basah serta didiamkan dalam waktu 36 jam.

Ketiga, menyiapkan media tanam yang terdiri dari tanah, pupuk kandang, dan sekam yang dicampurkan. Campuran tersebut dimasukkan dalam polybag dengan ditambahkan Furadan, NPK, Humic Acid.

Keempat, menanam benih dalam media tanam polybag. Kelima, memasang ajir dari bambu yang tingginya 1.5m – 2m dengan cara ditancapkan dalam polybag. Keenam, pemangkasan cabang untuk melakukan pemilihan buah yang akan dibiarkan tumbuh.

Ketujuh, proses pemupukan buah dan pengendalian penyakit pada buah, serta pemanenan buah melon. Cara menanam melon di polybag merupakan cara yang sangat praktis untuk memperoleh melon secara mandiri tanpa membeli di berbagai toko buah ataupun pasar.