, ,

Cara Budidaya Buah Tin di Pot Dengan Baik

oleh -143 views
Ilustrasi Buah Tin
Ilustrasi Buah Tin - Foto : Pinterest

Panennews.com – Budidaya buah tin di pot memang dinilai lebih mudah daripada menggunakan media tanam lainnya. Hal ini karena Tin sendiri merupakan buah yang tidak berdaun lebat dan pohonnya juga terbilang kecil sehingga media pot akan sangat cocok.

Langkah pertama yang perlu diperhatikan saat proses budidaya adalah pembibitan. Bibit buah tin dapat diperoleh dari hasil pencangkokan dan juga stek. Dari masing-masing cara tersebut, pilih saja yang pohonnya memiliki warna paling hijau.

Kedua, siapkan pot sebagai media tanamanya dengan pemilihan tanah yang subur. Bisa juga menggunakan campuran pasir dan kompos yang berkualitas apabila sulit mendapatkan tanah subur. Masukkan bibit yang telah menjadi batang pohon ke dalam pot tersebut lalu rapatkan dengan tanah.

Baca Juga :   Kenal Lebih Dekat Dengan Anggrek Bulan yang Indah

Kelebihan menggunakan media pot akan membuat buah tin menjadi cepat berbuah. Namun, tetap saja dibutuhkan perawatan yang maksimal agar terhindar dari hama dan penyakit tanaman lainnya. Untuk itu pastikan menyiram secara rutin dan memberikan pupuk NPK atau kompos secukupnya.

Saat memasuki usia 4-5 bulan, pohon buah tin pasti sudah mulai tumbuh dan berbuah cukup lebat. Anda bisa langsung memanennya apabila batangnya sudah mencapai tinggi 35 meter. Proses panen cukup dilakukan dengan memetik buahnya saja karena setelah itu, pohon dapat berbuah kembali.

Baca Juga :   Tips Merawat Bunga Anggrek Agar Tumbuh Maksimal

Pada dasarnya budidaya buah tin di pot memiliki peluang keberhasilan sangat tinggi. Buahnya bisa tumbuh dengan lebat dengan ciri khas rasa manis yang begitu nikmat. Di pasaran sendiri buah tin menjadi salah satu yang cukup banyak dicari.

Komentar