Cantik dan Memukau, Yuk Mengenal Kembang Telang yang Jarang Diketahui

oleh -22 views
Kembang Telang
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bagi sebagian orang, mungkin masih merasa asing dengan keberadaan kembang telang. Tumbuhan merambat ini memang hanya ada di beberapa wilayah Indonesia. Keberadaannya juga lebih sering ditemukan di hutan atau pekarangan yang lebat.

Meski begitu, banyak juga yang memanfaatkan kembang dengan nama latin Clitoria ternatea ini sebagai tumbuhan hias. Hal tersebut wajar saja karena tampilan dari bunga ini memang sangat cantik dan memukau.

Tampilan fisiknya begitu menonjol karena bunga ini memiliki warna biru menyala dan ungu pekat. Batangnya memiliki sifat merambat dan dilengkapi dengan perbedaan warna berdasarkan usia. Ketika tumbuhan masih muda, maka batangnya akan berwarna hijau. Saat tua, akan berganti putih.

Baca Juga :   Mudahnya Belajar Menanam Tanaman Dengan Cara Hidroponik

Bagian pangkal kembang telang juga memiliki tekstur yang berkayu. Sedangkan bagian daunnya memiliki bentuk menyirip dan tergolong klasifikasi daun majemuk. Keunikan kembang ini terletak pada kelopaknya yang kaya variasi warna, yakni putih, biru, ungu, dan merah muda.

Di beberapa negara, kembang ini dimanfaatkan sebagai pewarna makanan. Umumnya kembang ini memang dimanfaatkan sebagai obat. Mulai dari melancarkan pencernaan, mengatasi masalah batuk, hingga menyembuhkan mata merah. Bahkan, tak jarang juga dimanfaatkan untuk penguat rambut.

Habitat asli kembang telang berasal dari Asia tropis. Di Indonesia, wilayah yang paling banyak membudidayakan tumbuhan ini adalah pulau Kalimantan dan Sumatera. Kedua wilayah tersebut bisa dikatakan sebagai penghasil terbesar komoditas tumbuhan ini.

Komentar