Burung Pelatuk, Si Pemilik Lidah Panjang

oleh -353 views
Burung Pelatuk
Foto : ebird.org

Panennews.com – Jika pernah melihat animasi di film kartun pastinya tidak asing lagi dengan bentuk dari Burung Pelatuk. Sebab, di dunia perfilman banyak yang menggunakan burung ini sebagai pelengkap dari alur ceritanya.

Nama latin dari burung satu ini adalah Piciformes, yang memiliki ciri-ciri khas untuk membedakannya dari burung lain. diantaranya seperti memiliki lidah yang panjang, kaki yang kuat untuk mencengkram dahan pohon, serta paruh lancip dan pipih.

Sementara itu, burung Pelatuk sendiri memiliki perpaduan warna yang menarik di setiap bagian tubuhnya. Di sekitaran mata ada gabungan dua warna yaitu putih dan merah. Sedangkan pada sayapnya berwarna hitam dengan totol-totol warna putih bersih.

Baca Juga :   Kelinci dan Bagaimana Membudidayakannya

Kebiasaan unik dari burung ini ialah melubangi pohon yang digunakan untuk tempat tinggalnya. Biasanya lubang itu bisa mencapai kedalaman 15-45 cm untuk menaruh telur-telurnya yang berjumlah 2-8 butir.

Tak hanya itu saja, hal yang mungkin hanya bisa ditemui pada burung ini adalah kemampuannya dalam mematuk mencapai 10-12 ribu kali per harinya. Kegiatan inilah yang membuat burung ini kerap menghasilkan suara seperti bunyi alarm.

Lebih lanjutnya lagi burung Pelatuk memiliki persebaran yang sudah mendunia. Hal ini terbukti dari penemuan jenis baru dari burung ini di beberapa hutan yang ada di dunia. Meskipun begitu, masih jarang ada orang yang membudidayakan burung ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.