Burung Ekek, Si Paruh Gincu yang Terancam Punah

oleh -375 views
Burung Ekek
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ekek merupakan salah satu jenis burung endemik dari daerah Jawa Barat. Meskipun tergolong endemik, namun burung ini masih belum termasuk dalam satwa yang dilindungi. Burung ini biasanya banyak ditemukan di daerah dataran rendah dengan habitat asli di hutan Montane atau submontane.

Burung dengan nama latin Cissa thalassina ini memiliki panjang dari kepala hingga ekor sekitar 31-33cm. Ekor burung ini relatif pendek dan bentuknya lurus. Begitu pula dengan bulu jengger cukup pendek. Sedangkan sayapnya lebih luas dan panjang.

Baca Juga :   Bikin Kaget, Burung ini Ternyata Bisa Hidup Sampai 30 Tahun

Ciri-ciri burung ini cukup mudah dikenali karena memiliki warna yang cukup mencolok. Bagian tubuhnya berwarna hijau. Sedangkan di bagian sayap berwarna merah kecoklatan. Paruh burung ini berwarna merah, karena itu pula burung ini disebut paruh gincu. Bagian garis matanya memiliki corak berwarna hitam.

Tidak banyak data yang menjelaskan tentang masa perkembangbiakan burung ekek ini. Namun perkiraan waktu berkembang biak dari burung paruh gincu ini adalah di bulan basah atau saat masuk musim hujan. Perkiraannya antara bulan April-Oktober.

Baca Juga :   Sapi Brangus, Hasil Kawin Silang Unggulan

Burung ini termasuk endemik, jadi hanya bisa ditemukan di daerah tertentu saja, yaitu di Jawa Barat. Habitatnya biasanya di dalam hutan bertipe montane atau submontane dengan ketinggian diantara 500-2000m. Di Jawa Barat sendiri sering ditemukan di Gunung Salak, Gunung Halimun dan Gunung Gede.

Meskipun belum termasuk dalam satwa yang dilindungi, status burung ekek ini saat ini berada pada critical endangered atau terancam. Hilangnya habitat karena penebangan liar adalah penyebab terbesar hilangnya habitat si burung paruh gincu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.