Burung Cinta, Si Mungil Cantik Lambang Kasih Sayang

oleh -499 views
Burung Love Bird
Foto : Getty Images

Panennews.com – Burung cinta atau yang juga dikenal dengan lovebird adalah salah satu spesies burung hias yang saat ini banyak dicari. Ukurannya yang kecil terlihat mungil dengan warna bulu cerah semakin menambah daya tarik burung ini.

Burung cinta ini termasuk dalam genus Agapornis. Jenis burung ini adalah burung berukuran kecil. Ukurannya hanya 13-17cm dengan berat antara 40-60gr. Delapan dari spesies burung cinta ini berasal dari Afrika sementara ada pula spesies yang berasal dari Madagaskar.

Selain fisiknya yang kecil, ciri burung ini adalah warnanya yang menarik. Secara umum, burung cinta ini berwarna hijau. Yang membedakan antara jantan dan betina adalah warna bulu leher, dada serta bawah sayapnya.

Baca Juga :   Telisik Sapi Madura, Sapi Khas Indonesia

Burung cinta atau lovebirds dalam sekali bertelur bisa menghasilkan 4-6 butir telur yang akan menetas sekitar 21-23 hari setelah dierami. Anak burung biasanya keluar dari kotak sarang setelah berumur 6-8 minggu. Sementara umur burung ini cukup panjang, bisa mencapai 10-15 tahun.

Burung cinta ini bukan burung asli Indonesia. Burung yang termasuk ke dalam kelompok African Parrot ini berasal dari Afrika. Di alam liar, habitat aslinya adalah di dalam lubang yang dibuat di pohon, semak-semak atau batu. Burung cinta ini populasi terbanyak selain di Afrika adalah daerah di barat daya Amerika.

Baca Juga :   Akibat Pandemi, Pedagang Hewan Kurban Di Tangerang Kurangi Stok

Meskipun bukan burung asli Indonesia, Lovebird ini saat ini banyak dipelihara untuk dijadikan burung hias. Selain warna yang cantik filosofi yang dipercaya dari tingkah laku burung ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.