Bupati Blitar: Bantuan Kementan Jadi Pelecut Tingkatkan Produksi Pertanian

oleh -28 views
Dok. Kementan
Dok. Kementan

Panennews.com – Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan bibit dan sarana produksi pertanian senilai Rp 16,23 miliar untuk para petani di Kabupaten Blitar. Bantuan tersebut diberikan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri penanaman jagung di Desa Maliran, Kecamatan Ponggok, Kamis, 13 Agustus 2020.

Mengenai hal ini, Bupati Blitar, Rijano menyampaikan terimakasih atas perhatian Kementerian Pertanian (Kementan) pada percepatan sektor pertanian di Kabupaten Blitar. Kata Rijanto, bantuan ini sepenuhnya akan digunakan untuk pertanian berkelanjutan dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

“Kementan memberikan bantuan yang sangat luar biasa bagi Blitar. Oleh karena itu kami akan melecutkan semua produksi yang ada. Terus terang ini sangat membanggakan,” kata Rijano.

Perlu diketahui, Kementan mengalokasikan bantuan senilai Rp 16,2 Milyar untuk Kabupaen Blitar dan Rp 288 Milyar untuk Provinsi Jawa Timur. Adapun bantuan dari Kementan berupa, alat mesin pertanian seperti Combine Harvest Besar Multiguna, Combine Harvest Sedang, Corn ShelIer, Corn Sheller Mobile, Power Thresher, Multiguna Mobile Handtraktror, Traktor Roda 4, Rice Transplanter, Motor Roda 3, Handsprayer dam beberapa bibit tanaman hortikultura seperti padi, jagung kepada kelompok tani.

Baca Juga :   Bangunkan ”Sleeping Giant” Budidaya Laut, KKP-Kepri Tatap Peluang Ekspor

Rijano menilai bantuan yang diberikan merupakan bentuk dorongan transformasi teknologi pertanian menuju arah yang lebih baik. Tak hanya alat pertanian modern, kepedulian pemerintah daerah juga diwujudkan pada penyaluran bibit pertanian yang unggul.

“Pembangunan jalan usaha tani, dan irigasi, semua demi memajukan sistem pertanian dan menuju Kabupaten Blitar yang berswasembada pangan untuk meningkatkan taraf hidup para petani,” katanya.

Oleh karena itu, kata Rijano, bantuan ini akan dimaksimalkan dan dijaga sesuai fungsinya. Maka itu, menurut dia, jika masih ada penyalahgunaan bantuan secara otomatis akan diberi sangsa sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga :   Indonesia Tampilkan Produk Hasil Hutan pada Expo 2020 Dubai

“Penyaluran bantuan ini bentuk kepedulian pemerintah daerah, untuk transformasi teknologi pertanian menuju arah yang lebih baik. Tak hanya alat pertanian modern, kepedulian pemerintah daerah juga diwujudkan pada penyaluran bibit pertanian yang unggul,” katanya.

Di samping itu, Rijano menyampaikan bahwa Kabupaten Blitar adalah penghasil susu sapi perah yang dikelola koperasi dan perusahan besar lainnya.

“Beberapa waktu lalu bahkan ada investo yang masuk ke blitar dari greenfield. Ini menandakan bahwa Blitar adalah multi komoditi,” tandasnya. [*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.