Beo, Burung Pintar dan Mahal

oleh -644 views
Burung Beo
Foto : Getty Images

Panennews.com – Bagi penghobi burung pasti tidak asing lagi dengan burung Beo. Burung yang nama latinnya Gracula ini sejenis dengan burung jalak atau suku Strurnidae. Burung ini banyak diminati karena selain burung ini memiliki warna bulu yang eksotis, burung ini juga pintar.

Bentuk fisik burung jantan dan betina hampir tidak ada bedanya, sehingga cenderung sulit dikenali. Ukuran tubuh burung jantan ini lebih kecil daripada betinanya. Selain itu, jika dilihat mata pejantannya lebih besar dan lebar daripada burung betinanya.

Burung Beo terkenal akan kicauannya, kicauan burung yang satu ini sangat menyerupai suara manusia. Burung ini mempunyai kemampuan tersebut karena struktur otak pada burung yang satu ini berbeda dengan burung yang lain. Maka tak heran jika banyak yang menyebut burung ini pintar

Baca Juga :   Grobogan Siap Suplai Kebutuhan Jagung Peternak

Namun, tidak semua burung jenis ini bisa menirukan suara manusia dengan jelas. Hal ini disebabkan oleh jaringan cincin luar yang tidak terdapat pada semua burung ini. Semakin besar ukuran jaringan cincin luar yang dimiliki maka semakin fasih pula suara yang ditirukan burung tersebut.

Fakta menarik lain terkait suara yang dihasilkan yaitu terdapat pada organ syrinx. Organ syrinx pada burung ini memiliki kemampuan yang unik sehingga fungsi vokalnya berjalan baik yang membuat fungsinya seperti laring pada manusia.

Baca Juga :   Begini Cara Menjaga Kualitas Air di Akuaponik Secara Praktis

Dengan kepintaran yang dimiliki burung Beo ini membuat harganya sangatlah mahal di pasaran. Semakin pintar burung ini menirukan suara manusia maka semakin mahal pula harga jualnya. Salah satu jenis burung ini yang berasal dari Kalimantan harganya dibandrol bisa mencapai jutaan rupiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.